'/> Penjelasan Lengkap Kedudukan Dan Fungsi Bahasa Indonesia -->

Info Populer 2022

Penjelasan Lengkap Kedudukan Dan Fungsi Bahasa Indonesia

Penjelasan Lengkap Kedudukan Dan Fungsi Bahasa Indonesia
Penjelasan Lengkap Kedudukan Dan Fungsi Bahasa Indonesia
Penjelasan Lengkap Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia  Penjelasan Lengkap Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia

Penjelasan Lengkap Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia - Kita tiruana tahu bahwa Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi Negara Republik Indonesia. Bahasa Indonesia resmi dijadikan sebagai bahasa nasional bersamaan dengan diadakannya Sumpah Pemuda pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 di Jakarta. Adapun suara dari isi Sumpah Pemuda antara lain:
  1. Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah air Indonesia.
  2. Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
  3. Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Menurut isi dari sumpah perjaka di atas, Bahasa Indonesia resmi dinyatakan sebagai bahasa nasional yang mempunyai kedudukan dan fungsi sebagai bahasa pemersatu bangsa. Adapun fungsi dari bahasa Indonesia antara lain:

1.   Fungsi Bahasa Indonesia Dalam Kedudukan Sebagai Bahasa Nasional

Fungsi Bahasa Indonesia dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional dibagi menjadi empat aspek antara lain:

A.   Bahasa Indonesia Sebagai Lambang Kebanggaan Nasional.

Bahasa Indonesia Sebagai lambang pujian Nasional yaitu bahasa Indonesia di dalamnya terkandung penilaian-penilaian sosial dan evaluasi budaya leluhur.Nilai yang terkandung di dalam Bahasa Indonesia mencerminkan sifat dan kepribadian bangsa Indonesia yang santun dan sopan. Oleh lantaran itu sebagai bangsa Indonesia kita harus gembira mempunyai Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama di Indonesia.

B.   Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Bangsa Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan satu-satunya bahasa nasional yang ada di Indonesia. Oleh lantaran itu bahasa Indonesia patut dijadikan sebagai simbol bangsa Indonesia lantaran bangsa Indonesia hanya mempunyai satu bahasa nasional berbeda dengan Malaysia atau Singapura atau Filipina yang menyebabkan Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa nasional mereka.

C.   Bahasa Indonesia Sebagai Alat Komunikasi antar Suku, Budaya dan Daerah.

Di Indonesia sendiri terdapat sangat banyak sekali suku, budaya dan bahasa daerah. Oleh lantaran itu untuk menjalin komunikasi yang baik antar suku, antar tempat diharapkan bahasa penghubung. Peran Bahasa Indonesia lah yang menghubungkan bahasa-bahasa dari daerah-daerah di Indonesia. Sehingga antar suku, budaya dan tempat terjalin korelasi yang baik tanpa adanya salah komunikasi.

D.   Bahasa Indonesia Sebagai Alat pemersatu Bangsa Indonesia
Bahasa Indonesia merupakan alat pemersatu bangsa yang paling dampak dan imbastif apabila melihat perbedaan suku dan pastinya kudang kecepeasaan dan prilaku antar tempat lantaran pada setiap tempat niscaya mempunyai cara adab dan istiadatnya masing-masing. Oleh alasannya ialah itu Bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa pemersatu dari keberagaman suku tersebut. Sehingga timbul rasa kesatuan yang besar lengan berkuasa antar daerah, suku dan budaya untuk membela tanah air tercinta.

2.   Fungsi Bahasa Indonesia Dalam Kedudukan Sebagai Bahasa Negara   

Fungsi Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara tertuang pada Undang-Undang Dasar 1945 Bab 15 pasal 36 yang berbunyi, "Bahasa Negara ialah bahasa Indodonesia." Landasan konstitusional tersebut menciptakan kedudukan yang besar lengan berkuasa bagi Bahasa Indonesia sebagai bahasa pesatuan dan kesatuan negara Indoensia. Fungsi Bahasa Indonesia dalam kedudukannya sebagai bahasa negara di bagi menjadi empat aspek antara lain:

A.   Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kenegaraan

Bahasa Indonesia sebagai bahasa kenegaraan yang harus dipakai pada setiap penyelenggaraan program yang menyangkut kepentingan kenegaraan baik pemerintah maupun jajarannya. Bahasa Indonesia harus dipakai pada setiap pidato, upacara dan kegiatan-kegiatan lainnya.

B.   Bahasa Indonesia sebagai alat pengantar dalam dunia pendidikan

Bahasa Indonesia telah dipakai sebagai bahasa nasional sudah semenjak usang sekali. Penggunaannya dalam penyampaian ilmu pengetahuan di sekolah harus diutamakan maka dari itu di setiap sekolah dari jenjang SD hingga Perguruan tinggi pun terdapat pelajaran Bahasa Indonesia.

C.   Bahasa Indonesia sebagai alat penghubung pada tingkat Nasional untuk kepentingan tata-cara perencanaan dan terlaksanakan pembangunan nasional serta pemerintahan

Bahasa Indonesia ialah alat penghubung komunikasi pada seluruh tempat di Indonesia untuk menjalin komunikasi yang baik. Kedudukan Bahasa Indonesia juga dipakai sebagai alat komunikasi pemerintah di aneka macam tempat untuk melakukan pembangunan daerah.

D.   Bahasa Indonesia Sebagai pengembangan kebudayaan Nasional, Ilmu dan Teknologi (iptek)

Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai fungsi sebagai alat komunikasi yang pokok sangat diharapkan untuk pengembangan kebudayaan, ilmu dan teknologi. Oleh lantaran itu setiap buku-buku pelajaran, dan tiruana yang menyangkut dengan budaya serta ilmu pengetahuan harus memakai bahasa Indonesia

Fungsi Khusus Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia juga mempunyai fungsi secara khusus yang juga dibagi menjadi empat aspek antara lain:

1. Mewujudkan korelasi dalam Interaksi Dalam Kehidupan sehari-hari.
2. Mewujudkan Seni (Sastra).
3. Mempelajari bahasa-bahasa kuno.
4. Memahami IPTEK.

Penjelasan Lengkap Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia telah kita bahas bahu-membahu diatas. Semoga artikel ini sanggup membantu sahabat tiruana dan hingga jumpa biar sukses!
Advertisement

Iklan Sidebar