'/> Struktur Teks Anekdot Dan Misalnya Wacana Pendidikan -->

Info Populer 2022

Struktur Teks Anekdot Dan Misalnya Wacana Pendidikan

Struktur Teks Anekdot Dan Misalnya Wacana Pendidikan
Struktur Teks Anekdot Dan Misalnya Wacana Pendidikan
Struktur Teks Anekdot dan Contohnya perihal Pendidikan Struktur Teks Anekdot dan Contohnya perihal PendidikanStruktur Teks Anekdot dan Contohnya perihal Pendidikan - Hai sobat berjumpa lagi dengan admin yang baik hati ini. Semoga sobat sehat tiruana yaaa. Pada pertemuan kali ini admin kembali dengan artikel yang tak kalah menariknya dari pertemuan sebelumnya. Pada pertemuan kali ini admin akan menjelaskan perihal struktur teks anekdot yang pastinya sanggup menjadi wawasan gres untuk sobat tiruana. Maka dari itu mari lihat klarifikasi tidak ada yang kurangnya di bawah ini.

Anekdot merupakan dongeng pendek yang lucu dan menarik sanggup berupa dongeng fakta maupun fiksi. Teks anekdot juga banyak diambil dari kisah aktual sang penulis yang di sebar luaskan untuk memmemberikankan hiburan yang menarik kepada pembaca akan kisanya tersebut. Anekdot intinya dibentuk sebagai bacaan hiburan yang didalamnya terdapat teks yang lucu namun selain itu anekdot juga berusaha untuk mengungkapkan kenyataan dan kebenaran yang ludang kecepeh umum dari kisah yang diceritakan.

Untuk mengenal anekdot ludang kecepeh jauh lagi mari kita pelajari perihal struktur anekdot di bawah ini.

Struktur Anekdot

Anekdot terdiri dari beberapa bab yang dipisahkan menurut fungsi dasar pada teks tersebut. Bagian-bagian tersebut antara lain:

1.   Abstraksi
Abstraksi yaitu kalimat yang merupakan citra umum dari dongeng yang ingin di ceritakan. Abstraksi terletak pada awal pembukaan paragraf. Penggunaan abstraksi bertujuan untuk mengantarkan pembaca masuk kedalam kisah tersebut.

2.   Orientasi
Orientasi yaitu bab awal kejadian atau kejadian dari kisah tersebut ataupun juga latar belakang yang ada dibalik kisah tersebut.

3.   Krisis
Krisis yaitu bab dalam teks anekdot yang menceritakan kejadian dari kejadian yang menarik ataupun yang dialami oleh penulis. Pada bab ini merupakan bab awal yang lucu dalam kisah tersebut.

4.   Reaksi
Reaksi bercerita perihal bagaimana tokoh yang terlibat konflik di dalam dongeng menanggapi kejadian tersebut dan mencari jalan keluarnya.

5.   Koda
Koda merupakan bab simpulan dari teks anekdot yang di dalamnya terdapat kesimpulan dari kisah unik tersebut.

Ciri-Ciri Anekdot

Sebuah teks sanggup dikatakan sebagai teks anekdot apabila di dalamnya terdapat ciri-ciri dibawah ini.
  1. Teks anekdot menceritakan benda secara umum dan realistis.
  2. Teks anekdot bertujuan untuk memmemberikankan hiburan yang menarik kepada pembaca.
  3. Anekdot dibentuk serta mengajak pembaca biar meyakini hal tersebut yaitu kisah nyata.
  4. Anekdot nyaris mirip dongeng.

Kaidah Anekdot

Anekdot juga mempunyai kaidah-kaidah yang harus diikuti biar teks anekdot tersebut menjadi ludang kecepeh menarik. Adapun kaidah-kaidah tersebut antara lain.
  1. Menggunakan pertanyaan retorik.
  2. Menggunakan kata keterangan waktu lampau.
  3. Menggunakan kalimat perintah.
  4. Urut menurut kejadian waktu.
  5. Menggunakan penghubung.
  6. Menggunakan kata kerja.

Contoh Teks Anekdot perihal Pendidikan

Adi dan Dewi yaitu pasangan suami istri yang telah berumah tangga selama 7 tahun namun belum juga di memberikankan keturunan. Namun mereka tetap sabar dan berdoa pada yang kuasa setiap hari dan setiap waktu. Setelah umur ijab kabul mereka berjalan 8 tahun, Budi pun menanyakan kepada Dewi, "Dek Bagaimana jikalau kita periksa ke dokter saja siapa tahu kita bisa dimemberikan momongan?" tannya Adi. Dewi pun mentpendapat, "Tak usah mas kita cukup pergi ke mbok sarni minta diurut perutku siapa tahu cepat ngisi". Adi merasa kesal alasannya yaitu mereka sudah pijat ke mbok sarni puluhan kali tetapi tidak ada hasil. Adi pun malas bertengkar kemudian ia kembali pergi keladang untuk mencar rumput pakan kambingnya. Malam harinya sesudah Dewi tertidur, Adi membuka facebooknya yang tlah usang tak dibukanya. Pada awalnya biasa saja ia membuka foto-foto kenangannya bersama teman-temannya berlalu dan silam. Namun ia mendapat kecacatan knorma dan watak membuka fotonya dengan teman-temannya berlalu dan silam di kampung. Dari kelima sobat yang bangun dengannya pada foto tersebut ada satu sobat yang tak ada kabar selama ludang kecepeh dari 10 tahun namanya Andri yang merupakan sobat yang sangat dekat Adi knorma dan watak masih kecil. Adi pun ingin tau nah kebetulan ada yang menuliskan nomor hp Andri di kolom komentar, ia pun lekas mengirim sms ke Andri dan menanyakan kabarnya. Namun apa dikata smsnya tak dibalas dan knorma dan watak ditelepon nomornya ternyata sudah tak aktif. Akhirnya kecerdikan pun menanyakan kepada Rizky salah satu sobat akrabnya dulu perihal bagaimana kabar Andri, Rizky pun lewat telepon menjelaskan bahwa andri tlah menghilang selama ludang kecepeh dari 9 tahun dan tak ada kabar diperkirakan andri telah meninggal. Adi pun sangat kecewa dan merasa duka atas kabar tersebut. Namun sesudah beberapa saat, Budi mencari berkas sekolahnya untuk melamar pekerjaan di lemari kamarnya dan ia pun menemukan dompet yang memberikansi fotonya dan Andri. Tetapi siapa sangka itu yaitu dompet istrinya Dewi. Lantas alasannya yaitu Adi ingin tau ia pun menanyakan hal itu kepada Dewi. "Dek kau sanggup foto ini dari mana?" tanya Adi. Dewi pun tak mentpendapatnya dan hanya membisu saja. Adi tambah ingin tau dan ia kembali bertanya "Dek, kau sanggup foto ini dari mana?" dengan nada sedikit tinggi. Karena Dewi ketakutan dan ia pun karenanya mentpendapat. "Itu yaitu fotoku denganmu mas yang saya simpan sebagai kenangan". Adi kudang kecepengungan, "Apa maksudmu?" tanya Adi. "iya itu bergotong-royong emmmm saya emmhhh aku....... Aku yaitu andri mas, saya sudah mencintaimu knorma dan watak saya masih jadi pria semenjak kecil dulu pun saya sudah sangat menyayangimu" Jawab Dewi. "Jadi kau Andri", tanya Adi dengan bentakan. Dewi mentpendapat, "Iya saya Andri, saya operasi kelamin demi menjadi kekasihmu mas dan berumah tangga denganmu". Adi pun merasa marah, geram dan kemudian ia pergi meninggalkan rumah itu dan tak pernah kembali lagi.



Nah itulah sobat artikel tentang Struktur Teks Anekdot dan Contohnya perihal Pendidikan semoga sanggup menjadi pelengkap wawasan untuk sobat tiruana. Sampai jumpa dan semoga sukses.
Advertisement

Iklan Sidebar