'/> Pengertian, Struktur Dan Teladan Teks Perundingan Terkomplit -->

Info Populer 2022

Pengertian, Struktur Dan Teladan Teks Perundingan Terkomplit

Pengertian, Struktur Dan Teladan Teks Perundingan Terkomplit
Pengertian, Struktur Dan Teladan Teks Perundingan Terkomplit
 Struktur dan Contoh Teks Negosiasi Terkomplit Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Negosiasi Terkomplit

Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Negosiasi Terkomplit - Dalam Bahasa Indonesia terdapat berbagai jenis teks dan terkadang jenis-jenis tersebut menyesuaikan dengan kondisi dan insiden yang dialami seseorang pada dikala tertentu. Teks perundingan yaitu salah satu jenis teks yang dipakai seseorang untuk melaksanakan tawar menawar perihal suatu insiden tertentu. Untuk itu mari kita lihat klarifikasi ludang keringh komplitnya di bawah ini.

Pengertian Teks Negosiasi

Teks perundingan merupakan teks yang di dalamnya diberisi interaksi antara seseorang dengan orang lain yang bertujuan untuk memilih keputusan antara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda. Kedua belah pihak dalam perundingan mempunyai hak atas hasil selesai yang dinyatakan . Hasil selesai dalam sebuah perundingan ini membutuhkan persetujuan antar kedua belah pihak sehingga akan terjadi komitmen bersama perihal hal yang di setujui bersama.

Struktur Teks Negosiasi

Struktur yaitu pembangun dari sebuah teks, tanpa adanya struktur yang baik dan sistematis maka teks akan susah untuk dipahami dan tujuan dari dibuatnya teks tersebut tak akan tersampaikan dengan baik. Struktur teks perundingan intinya sama halnya dengan jenis teks lainnya yang terdiri dari pembukaan, isi dan penutup. Mari kita bahas bantu-membantu dibawah ini.

1.   Pembukaan
Pembukaan dalam teks perundingan biasanya berupa salam dan juga perkenalan diri. ataupun juga kalimat pertanyaan akan suatu barang.

2.   Isi
Isi dalam teks perundingan terbagi menjadi dua aspek yang pertama penyampaian materi, yang gunanya untuk memberikan pertanyaan dan klarifikasi perihal suatu objek yang dimaksud. Dan yang kedua yaitu tawar-menawar dan penyelesaian dilema yaitu bab dimana antar kedua belah pihak aktif bernegosiasi hingga pada balasannya mencapai kesepakatan.

3.   Penutup
Penutup dalam teks perundingan berupa sapaan selesai biasanya berupa salam maupun ucapan terima kasih.

Apabila sebuah teks sudah mempunyai ketiga struktur diatas maka teks tersebut sudah sanggup dikatakan sebagai teks negosiasi. Untuk ludang keringh jelasnya mari kita simak pola teks perundingan di bawah ini.

Contoh Teks Negosiasi

Contoh Teks Negosiasi peminjaman uang antara pengusaha dan pihak bank

Pihak Bank: "Selamat pagi Ibu, silahkan duduk, ada yang sanggup aku bantu?"
Pengusaha: "Selamat pagi. terimakasih."
Nasabah: "Begini Pak, aku ingin meminjam uang di Bank ini untuk perjuangan saya."
Pihak Bank: "Maaf, Untuk perjuangan apa ya bu?"
Nasabah: "Untuk perjuangan rumah makan aku pak, rencananya aku mau membuka cabang gres di Bekasi ."
Pihak Bank: "Maaf bu, sebelumnya apakah ibu pernah meminjam di Bank kami? dan jaminan apa yang akan ibu ajukan?"
Nasabah: "Ya, sebelumnya aku sudah pernah meminjam di bank ini sebesar 1 M. Rencananya aku ingin mengajukan akta tanah beserta bangunan yang aku perkirakan mempunyai skor 3 M pak"
Pihak Bank: "Jadi rencananya berapa besar pinjaman yang akan ibu ajukan?"
Nasabah: "2,5 Milyar pak."
Pihak Bank: "Ok, Sebentar buk, aku coba konfirmasi ke atasan aku dulu. Tapi sebelumnya boleh aku lihat akta tanahnya bu?"
Pengusaha: "Iya pak, ini silahkan."
Pihak Bank: "Mohon maaf sebelumnya bu, sehabis aku konfirmasi ke atasan saya, ternyata kami hanya menyanggupi pinjaman sebanyak 2 milyar bu".
Nasabah: "Apa benar-benar sudah tidak sanggup di naikan lagi pak? alasannya tanah tersebut sudah komplit dengan bangunan yang berdiri di atasnya."
Pihak Bank: "Menurut peraturan kami, yang dihitung hanya luas tanahnya saja bu, bangunannya tidak dihitung."
Nasabah: "Seandainya di tambah 25 juta lagi bagaimana pak?."
Pihak Bank: "Mohon maaf bu, hanya 2 milyar yang kami sanggupi."
Pengusaha: "Bagaimana ya? ya sudahlah aku terima 2 milyar. tapi mohon dihitung bunga dan usang cicilannya pak!".
Pihak Bank: "Sebentar Bu aku hitung dulu."
Pihak Bank: "Cicilan selama 2 tahun dengan bunga 5 % buk dengan cicilan sebesar Rp. 10.000.000 per bulannya bu.
Pengusaha: "Saya minta pribadi di transfer ke rekening aku pribadi ya."
Pihak Bank: "Baik bu, tetapi proses pencairan tidak sanggup pribadi dikala ini dan paling lambat 5 hari kedepan."
Pihak Bank: "Kalau sudah waktu pencairan nanti kami menelpon ibu."
Pengusaha: "Oke pak, terimakasih atas bantuannya."
Pihak Bank: "Sama-sama bu, bahagia sanggup membantu anda."


Nah itulah teman artikel perihal Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Negosiasi Terkomplit yang telah kita bahas bersama-sama. Semoga artikel ini sanggup mempunyai kegunaan untuk teman tiruana dan agar sukses!
Advertisement

Iklan Sidebar