'/> Kumpulan Teks Pidato Tema Kemerdekaan Singkat Tebaik -->

Info Populer 2022

Kumpulan Teks Pidato Tema Kemerdekaan Singkat Tebaik

Kumpulan Teks Pidato Tema Kemerdekaan Singkat Tebaik
Kumpulan Teks Pidato Tema Kemerdekaan Singkat Tebaik
Kemerdekaan merupakan hasil dari jerih payah dan usaha dari jagoan pahlawan indonesia yang telah berjasa melawan sekutu hanya untuk memerdekakan indonesia tercinta. Nah pada kesempatan kali ini kami akan memperlihatkan acuan wacana '' Kumpulan Teks Pidato Tema Kemerdekaan Singkat Tebaik ''. Kalian bisa jadikan acuan untuk berpidato :

Kemerdekaan merupakan hasil dari jerih payah dan usaha dari jagoan pahlawan indones Kumpulan Teks Pidato Tema Kemerdekaan Singkat Tebaik

Berikut ini Kumpulan Teks Pidato Tema Kemerdekaan Singkat Tebaik :


( CONTOH 1 )

Contoh pidato singkat wacana hari kemerdekaan

  “Assalamualaikum warah matullahi wabarakatu, dan selamat pagi”.                       

Ibu Guru yang saya hormati, dan rekan-rekan yang saya banggakan dan saya muliakan.     

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadiran Tuhan yang maha Esa dan saya juga ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk memberikan pidato saya yang bertemakan “Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.”         

Seperti yang kita ketahui bersama pada tanggal 17 Agustus Bangsa Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan dengan ber-upacara atau menaikkan bendera untuk menghormati para jagoan yang telah berjuang untuk Negara kita ini supaya sanggup merdeka dan bebas dari belenggu penjajahan, yang mejajah kita selama ratusan tahun lamanya.     

Namun rasa kemerdekaan dimaknai berbeda oleh generasi kita yaitu hanya dimaknai pada tanggal 17 Agustus saja, bahwasanya argumen atau pendapat tersebut kurang tepat, alasannya yaitu makna kemerdekaan tidak hanya kita rasakan atau maknai pada hari kemerdekaan Republik Indonesia, tetapi juga pada semua hari-hari yang kita lalui bersama di Negara kita ini.         

Makara jangan hanya menganggap dan memaknai bahwa kita merdeka hanya pada taggal 17 Agustus  saja, alasannya yaitu hal tersebutlah yang sanggup menjatuhkan semangat kemerdekaan Negara kita ini  dan seharusnya kita menghargai para jagoan yang telah gugur dan yang telah memperlihatkan kemerdekaan untuk kita semua jadi kita harus menumbuhkan rasa kemerdekaan itu setiap hari supaya kita sanggup mempertahankan Negara kita sehingga tidak di jajah lagi.

Sekian dari apa yang telah saya sampaikan saya berharap atas apa yang telah saya sampaikan sanggup mempunyai kegunaan bagi kita semua. Apa bila ada salah-salah kata lebih dan kurangnya mohon di maafkan.   

“Wassalamualaikum Warah matullahi wabarakatu, dan selamat pagi.”

--------------------------------------------------------------------------------------------------


( Contoh 2 )

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum wr, wb.

Para hadirin yang saya hormati,

Pada hari ini mari kita ucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita sanggup berkumpul di tempat ini guna memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-72. Guna memperigati Hari Kemerdekaan kita ini, saya akan memberikan pidato singkat yag mudah-mudahan bermanfaat bagi hadirin sekalian.

Para hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa bahwa sudah 72 tahun kita merdeka dari penjajahan asing. Tak terasa pula bahwa negara kita ini mengalami banyak perkembangan dan lika-liku dalam mempertahankan dan menghayati kemerdekaan ini. Semestinya, peringatan Hari Kemerdekaan kita ini bisa menjadi momen bagi kita untuk merenungkan jasa dan usaha pahlawan-pahlawan kita, sekaligus merenungkan kembali wacana kondisi negara kita, apakah sudah merdeka sepenuhnya, atau justru malah terjajah secara tidak sadar?

Sayangnya, momen Hari Kemerdekaan ini hanya dirayakan dengan lomba-lomba dan program panggung musik yang beberapa diantaranya tidak berafiliasi dengan filosofi usaha atau kemerdekaan negara kita. Sah-sah saja kalau ingin  mengadakan lomba atau panggung musik untuk merayakan Hari Kemerdekaan. Tetapi, alangkah lebih bijak kalau kedua hal tersebut bisa dijadikan sarana untuk merenungi jasa para pahlawan, sekaligus kemerdekaan negara yang kita cintai ini.

Maka dari itu, di hari yang berbahagia ini, mari kita kenang kembali jasa para jagoan kita yang berhasil menghantarkan kemerdekaan negara ini, sehingga kita bisa terbebas dari belenggu penjajahan dan bisa berkumpul di tempat mulia ini. Selain itu, mari kita jadikan momen Hari Kemerdekaan ini sebagai ajang untuk meresolusi atau merencanakan bantuan kecil apa yang akan kita lakukan supaya kemerdekaan kita tetap terjaga, dan supaya negara ini tenang sentosa. Kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa supaya kemerdekaan ini bisa kita nikmati hingga anak cucu kita nanti.

Mungkin hanya itu saja yang bisa sampaikan di dalam pidato kali ini. Semoga bermanfaat untuk hadirin sekalian. Mohon dimaafkan kalau ada kata-kata yang menyinggung atau salah ucap dalam pidato yang saya utarakan tadi. Kesempurnaan hanyalah milik-Nya, dan salah serta dosa tak pernah luput dari kita.

Wassalamualaikum wr, wb.


-------------------------------------------------------------------------------
( CONTOH 3 )


CONTOH TEKS PIDATO KEMERDEKAAN
Semangat Hari Merdeka

Bapak kepala sekolah yang terhormat
Ibu Bapak Guru pengajar yang saya hormati
Dan rekan-reka sekalian yang saya cintai
Assalamualaikum Wr.Wb.

Pudji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena atas berkat limpahan rahmat dan hidayah-Nya lah kita sanggup berkumpul bersama di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Shallawat serta salam semoga akan terus tercurahkan kepada Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW.
Sungguh hari yang sangat membahagiakan, bahwasannya pada kesempatan ini saya telah diberi kesempatan untuk sanggup memberikan sepatah dua patah kata dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia di sekolah tercinta kita ini.

Hadirin yang berbahagia,
Setiap 17 Agustus negeri kita berpesta untuk memeriahkan hari Kemerdekaan, 17 Agustus merupakan hari dimana seluruh bangsa Indonesia mengenang kembali jasa-jasa para jagoan yang telah meraih kemerdekaan. Ucapan syukur, gembira dan senang menyelimuti kedamaian negeri kita, Indonesia. Suara-suara pekikan merdeka bergema disetiap pelosok negeri, mengumandangkan, menyorakan dan meneriakan kemerdekaan dengan tegasnya, MERDEKA, MERDEKA, MERDEKA.

Hadirin yang berbahagia
Alhamdulillah sekarang telah genap 66 tahun negeri kita telah merdeka. Pudji syukur sudah sepatutnya kita ucapkan atas usaha keras yang telah diraih oleh para jagoan terdahulu berupa kemerdekaan, sehingga sekarang kita semua sanggup mencicipi ketenangan dan sanggup hidup berdampingan secara damai.

Hadirin yang berbahagia
Seperti yang kita ketahui, meraih kemerdekaan bukanlah hal yang mudah. Segalanya memerlukan usaha baik  jiwa maupun raga. Beratus-ratus tahun negeri kita dijajah, diinjak-injak dan dirampas kesejahteraannya oleh para penjajah. Beratus-beratus kali peperangan, beribu-ribu nyawa dengan beribu-ribu liter darah menjadi korban kebiadaban para penjajah.

Namun kolam ulat yang tak selamanya menjadi ulat, jadinya para jagoan berhasil meraih kemerdekaan. Jln Pegangsaan Timur telah menjadi saksi bisu dikumandangkannya proklamasi untuk pertama kalinya. Sehingga para cowok sanggup mengibarkan sang saka Merah Putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Hadirin yang berbahagia
Setelah kita mendengar kerasnya usaha para jagoan dalam meraih kemerdekaan, sudah sepatutnya sekarang kita sebagai bangsa Indonesia sanggup menghargai dengan megisi hari kemerdekaan ini dengan banyak sekali hal positif dengan  semangat dan mempunyai rasa Nasionalisme yang tinggi. Sehingga kita sanggup ikut andil dalam memeriahkan kemerdekaan.

Semangat dan rasa Nasionalisme yang tinggi sanggup kita wujudkan dalam banyak sekali hal, namun hal yang paling pokok bagi kita sebagai pelajar  yaitu belajar, berguru dan belajar. Agar kita sanggup memberi pujian kepada bangsa kita, sehingga kita sanggup ikut serta mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Belajar bukanlah hal yang sulit apalagi kalau kita mempunyai rasa nasionalisme yang tinggi. Maka dari itu marilah kita menjadi generasi yang mempunyai kegunaan bagi nusa dan bangsa. Generasi yang kompetitif, aktif dan imajinatif bagi nama bangsa kita, INDONESIA.

Hadirin yang berbahagia
Sekian yang sanggup saya sampaikan, semoga apa yang telah saya sampaikan ada keuntungannya bagi kita semua. Terimakasih atas perhatiannya.

Wabillahitaufik walhidayah
Wassalamualaikum Wr.Wb.

--------------------------------------------------------------------------

(  CONTOH 4 )

Contoh  Teks Pidato Tema Kemerdekaan :


Assalamualaikum. wr. wb
Hadirin yang berbahagia,
pertama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT alasannya yaitu berkat limpahan rahmat dan hidayahNya kita semua bisa berkumpul di tempat yang berbahagia ini untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia yang ke ...... . Kemerdekaan Indonesia yaitu sebuah anugerah besar dari Tuhan kepada bangsa Indonesia yang patut kita syukuri.

Hadirin yang berbahagia,
Sebagai sebuah negara, Indonesia telah melalui perjalanan panjang semenjak jaman kerajaan-kerajaan hingga sekarang bersatu menjadi sebuah negara kesatuan RI. Dahulu Indonesia merupakan sebuah tempat yang terdiri dari beberapa kerajaan-kerajaan di tiap daerah. Kerajaan-kerajaan ini mempunyai peradaban yang tinggi di masanya, dibuktikan dengan artefak, situs atau bangunan peninggalan yang sekarang berdiri kokoh di banyak sekali lokasi. Lalu di masa pertengahan bangsa Eropa mulai masuk ke Indonesia dan melaksanakan gerakan kolonialisasi, dari mulai Portugis, Spanyol, Inggris dan Jepang mencoba untuk menguasai wilayah Indonesia.

Invasi bangsa luar tersebut menciptakan penderitaan panjang bagi bangsa Indonesia. Perlawanan kemudian dilakukan oleh rakyat Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Tidak mengenal suku, ras, agama dan perbedaan lainnya, para pejuang dengan semangat rela berkorban jiwa dan raga untuk kemerdekaan bangsa Indonesia. Sampai jadinya usaha fisik dan mental tersebut membuahkan hasil pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia menyatakan merdeka dari penjajahan dan siap memulai kehidupan sebagai sebuah negara berdaulat.

Hadirin yang berbahagia,
Kini puluhan tahun sudah semenjak proklamasi dikumandangkan dan Indonesia terus membangun diri untuk menjadi sebuah negara yang madani. Penjajahan secara fisik gaya kolonial memang sudah tidak nampak, namun penjajahan secara mental sekarang tengah melanda.

Berbagai penetrasi budaya asing, produk asing, gosip hoax, pertikaian intern antar masyarakat menjadi gangguan yang sanggup mengancam keutuhan dan kemandirian Indonesia sebagai sebuah negara. Jauh sebelumnya proklamator Soekarno pernah berkata "Perjuanganku lebih gampang alasannya yaitu hanya mengusir penjajah, tapi usaha kalian lebih berat alasannya yaitu melawan bangsa sendiri".

Kini apa yang dikatakan Soekarno nampaknya menjadi kenyataan. Masyarakat Indonesia sekarang seolah terpecah belah oleh kepentingan politik praktis, radikalisme berlatar agama dan lainnya. Berbagai media umum dipenuhi ocehan penuh hujatan, makian, dendam yang tentunya menjadi bara dalam sekam yang siap aben habis seluruh kehidupan bernegara suatu ketika nanti kalau tidak diredam dan didinginkan dengan segera.

Hadirin yang berbahagia,
Pada peringatan proklamasi RI kali ini marilah kita sama-sama untuk mendinginkan pikiran, melepas semua dendam, introspeksi diri sendiri terhadap segala hal yang telah kita lakukan. Apakah yang kita lakukan selama ini di era serba keterbukaan memperlihatkan imbas positif bagi kemajuan Indonesia atau hanya akan menambah benih perpecahan dan kehancuran bangsa. Masih ada cita-cita untuk berubah dan Indonesia harus tetap berdiri kokoh sebagai sebuah negara.

Marilah sekali lagi kita singkirkan pikiran-pikiran kusut, jahat, dendam yang bahwasanya tidak ada untungnya sama sekali. Di momentum kemerdekaan kali ini mari kita kembali satukan tekad, menjalin kembali kasih, meleburkan perbedaan dalam persatuan demi kemakmuran Indonesia masa sekarang dan di masa depan. Wassalamualaikum wr. wb.

Demikan beberapa '' Teks Pidato Tema Kemerdekaan Singkat '' yang bisa kami berikan. Semoga bisa menjadi acuan anda dalam berpidato. Sumber yang kami sanggup yaitu dari banyak sekali acuan dan sumber yang kami jadikan 1.
Advertisement

Iklan Sidebar