'/> Kumpulan Teks Pidato Singkat Ihwal Kejujuran Terbaik -->

Info Populer 2022

Kumpulan Teks Pidato Singkat Ihwal Kejujuran Terbaik

Kumpulan Teks Pidato Singkat Ihwal Kejujuran Terbaik
Kumpulan Teks Pidato Singkat Ihwal Kejujuran Terbaik
Halo mitra kawan apakah dikala ini kalian sedang mencari Contoh Teks Pidato Singkat wacana Kejujuran ? jikalau iya , artikel ini bisa anda jadikan referensi.

jujur ialah apa adanya dan tanpa ada kapalsuan dalam suatu tindakan jujur ialah murni dan fakta yang benar -benar terjadi. Pengertian jujur dilihat dari segi bahasa yaitu mengakui, berkata, atau pun memberi suatu warta yang sesuai dengan apa yang benar-benar terjadi/kenyataan.

Dari segi bahasa, jujur sanggup disebut juga sebagai antonim atau pun lawan kata bohong yang artinya yaitu berkata tau pun memberi warta yang tidak sesuai dengan kebenaran.

Halo mitra kawan apakah dikala ini kalian sedang mencari  Kumpulan Teks Pidato Singkat wacana Kejujuran Terbaik


pengertian jujur secara istilah adalah  perilaku seseorang ketika berhadapan dengan sesuatu atau pun fenomena tertentu dan menceritakan bencana tersebut tanpa ada perubahan/modifikasi sedikit pun atau benar-benar sesuai dengan realita yang terjadi.

Sikap jujur merupakan apa yang keluar dari dalam hati nurani setiap insan dan bukan merupakan apa yang keluar dari hasil aliran yang melibatkan otak dan hawa nafsu.

Berikut beberapa Kumpulan Teks Pidato Singkat wacana Kejujuran Terbaik :

( CONTOH 1 )

Contoh pidato singkat "kejujuran yaitu segalanya"


Assalamualaikum wr wb

Bapak/Ibu Guru, yang saya hormati,  dewan juri, yang saya hormati,
Serta teman-teman sekalian yang saya cintai,
Marilah kita bahu-membahu memanjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT lantaran berkah dan karunianya kita semua sanggup berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat pada hari yang cerah ini.

Teman-teman yang saya banggakan,
pada kesempatan kali ini ijinkanlah saya memberikan sebuah pidato singkat saya dengan tema “ Kejujuran yaitu segalanya “
            jujur artinya tidak curang, tidak berbohong. Makara jujur yaitu tidak bohong baik dalam ucapan maupun perbuatan. Dengan kejujuran kita dipercaya dan dihormati orang lain. Sekali sja kita membohongi orang lain, maka kepercayaan orang lain terhadap kita akan berkurang, atau bahkan kepercayaan orang lain akan hilang. Orang yang memiliki sifat jujur sangat bermanfaat sekali untuk dirinya dan juga untuk orang lain.
Manfaat jujur untuk dirinya sendiri antara lain:
1.      semakin percaya diri
2.      merasa optimis
3.      banyak teman
4.      merasa tenang
5.      menambah semangat belajar
Teman-teman yang Berbahagia,
Sebagai penutup, Kejujuran yaitu tiang agama, sendi akhlak, dan pokok rasa kemanusiaan manusia. Tanpa kejujuran, agama tidak lengkap, adab tidak sempurna, dan seorang insan tidak tepat menjadi manusia. Di sinilah pentingnya kejujuran bagi kehidupan.
Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



-------------------------------------------------------------------

( pola 2 )


Contoh Pidato Singkat wacana Kejujuran

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalumalaikum wr, wb.

Para hadirin yang saya hormati,

Puji syukur kepada Tuhan Pemilik Semesta Alam yang telah mempertemukan kita di pagi yang indah ini. Di pagi hari ini, saya memohon izin kepada hadirin sekalian untuk memberikan sebuah pidato singkat dengan kejujuran sebagai temanya.

Para hadirin yang saya hormati,

Di zaman yang katanya semakin maju ini, justru nilai-nilai moral masyarakat kita semakin hari semakin tertinggal saja. Salah satu nilai moral yang merosot dan kini menjadi langka yaitu kejujuran. Sedikit sekali kita temukan orang yang berucap dan bertindak jujur di zaman yang dianggap ‘kekinian’ ini. Hal itu pun menjadikan banyaknya tindak laris kejahatan yang disebabkan oleh pudarnya salah satu nilai moral ini. Adapun kejahatan-ejahatan tersebut antara lain penipuan, pemalsuan, hingga tindak pidana korupsi.

Meskipun mustahil, namun seyogyanya kita harus bisa kembali menumbuhsuburkan nilai kejujuran di masyarakat, dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu. Adapun nilai-nilai kejujuran yang bisa kita lakukan antara lain dengan berkata jujur, tidak mengambil barang temuan dan menentukan menyerahkan barang temuan tersebut ke pihak yang berwajib, tidak menyontek, tidak memakai uang iuran untuk berfoya-foya, mengerjakan PR dengan perjuangan sendiri, dan banyak sekali macam perbuatan lainnya.

Jika kita bisa menunaikan perbuatan-perbuatan tersebut, maka kita pun akan mencicipi banyak sekali imbas positif dari nilai kejujuran. Dampak-dampak positif dari pengamalan nilai kejujuran sendr=iri antara lain akan mendapatkan pahala dan ridho dari-Nya, mendatangkan ketenangan hati, membat simpati orang lain, dan medatangkan kebahagiaan lantaran tidak perlu menyembunyikan sesuatu yang justru sanggup membebani diri sendiri.

Oleh lantaran itu, kita mesti sanggup mengamalkan nilai-nilai kejujuran semampu kita meskipun hal itu sulit dilakukan, mengingat zaman yang memang semakin tak keruan. Selain untuk memelihara nilai kejujuran, mengamalkan nilai kejujuran juga akan mendatangkan sejumlah manfaat bagi diri kita sendiri, dan juga orang lain.

Demikianlah pidato yang sanggup saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan segenap kerendahan hati, saya meminta maaf jikalau ada kata-kata yang kurang berkenan.

Terima kasih atas perhatiannya,

wassalamualaikum wr, wb.

-------------------------------------------------------------------

( CONTOH 3 )


Bismillahirrahmanirrohim
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Sampurasun

Alhamdulillahi rabbil alamin wassolatu wassalamu’ala rosulilahi waala alihi wasohbihi wamawalah ashadu allailaha ilallah waashadu anna muhammadarosulullah, robbisyrohli sodri wayasirli amri wahlul uqdatammilliisani yafqohu qauli. Amma ba’du.

Yang terhormat Bapak dan Ibu guru, Dewan Juri serta teman-teman yang saya cintai.

Marilah kita bahu-membahu memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Tuhan SSWT lantaran berkah dan karunia-Nya kita sanggup berkumpul dalam keadaan sehat wal afiat. Sholawat serta salam semoga Allah limpahkan kepada Nabi Besar kita Muhammad SAW, Nabi kiamat yang telah memperlihatkan pencerahan kepada umat insan hingga selesai zaman.

Teman-teman yang saya banggakan,
Pada kesempatan ini ijinkan saya memberikan pidato dengan tema “Kejujuran yaitu segalanya”
Jujur artinya tidak curang, tidak berbohong. Makara jujur yaitu tidak berbohong baik dalam ucapan maupun perbuatan. Dengan kejujuran kita dipercaya dan dihormati orang lain. sekali saja kita membohongi orang lain, maka kepercayaan orang lain terhadap kita akan berkurang, atau kepercayaan orang lain akan hilang. Orang yang memiliki sifat jujur sangat bermanfaat sekali untuk dirinya dan juga untuk orang lain.
Manfaat jujur untuk diri sendiri antara lain:
1.      Semakin percaya diri artinya kita dihargai oleh orang lain lantaran selalu berkata jujur.
2.      banyak sahabat artinya kita bergaul dengan sahabat tidak pernah berbohong dan selalu membantu sahabat yang membutuhkan.
3.      merasa hening artinya hidup akan lebih bahagia
4.      menambah semangat berguru artinya kita selalu rajin dan tekun belajar.
Teman-teman yang berbahagia,
Kejujuran yaitu tiang agama, sendi adab dan pokok rasa kemanusiaan. Tanpa kejujuran, agama tidak lengkap, adab tidak sempurna, dan seorang insan tidak tepat menjadi manusia. Disinilah pentingnya kejujuran bagi kehidupan.
Sekian pidato yang saya sampaikan. Mohon maaf apabila ada kekurangan.

Wabillahi Taufik Wal hidayah Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


---------------------------------------------------------------------


( CONTOH 4 )



Contoh Pidato Tema Kejujuran


Assalamu`alaikum warohmatullahi wabarakatuh

Alhamdulillahi rabbil alami. Washolatuwassalamu `alasrofil anbiyai walmursalin. Waala alihi washohbihi ajmain. Ama`ba`du.
Pertama-tama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puja dan puji serta syukur ke hadlirat Allah swt lantaran dengan rahmat serta hidayahnya kita bisa berkumpul di ruangan yang mulia ini dengan keadaan sehat wal afiat. Shalawat beserta salam semaga terlimpahcurahkan kepada hakim tertinggi anti korupsi kongkalikong dan manipulasi yakni Habibana Wanabiyana Muhammad SAW tak lupa kepada keluarganya kepada tabi`it  tabiinnya dan mudah-mudahan kepada kita selaku umatnya.

Yang saya hormati para dewan juri yang begitu adil dan bijaksana dalam mengambil keputusan. Yang saya hormati ibu-ibu, bapak-bapak, serta rekan-rekan sekalian yang hadir di daerah ini. Pada kesempatan ini dihadapkan rekan-rekan sekalian, saya akan membawakan pidato dengan tema “Keterbukaan dan Kejujuran”.

Rekan-rekan, dijaman kini ini keterbukaan dan kejujuran nampaknya sudah menjadi barang yang langka. Padahal ibarat kita ketahui secara umum dikuasai penduduk Indonesia yaitu muslim. Sejatinya seorang muslim yaitu pengemban risalah dalam kehidupan, oleh lantaran itu hendaklah bermuamalah dengan akhlaq yang mulia nan tinggi, dengan adab mulia pasti jelaslah kemuliaan seorang muslim dari yang lainnya.

Di antara akhlaq mulia yang semestinya menghiasi seorang muslim, namun kerap ditinggalkan, padahal dengannyalah seseorang mencicipi hakikat cinta, dengannya pula terbangun persahabatan yang sejati nan diridhoi. Akhlaq itu yaitu jujur dalam berkata dan berinfak serta keterbukaan, lantaran dengan kejujuran dan keterbukaan  seorang muslim akan merasa tentram, dan menghantarkankan kepada kehidupan serasi yang berakhir di jannatullah.

Lantas apakah hakekat kejujuran dan keterbukaan itu?, Jujur adalah, selarasnya khabar dengan realita, baik berupa perkataan atau perbuatan. Oleh lantaran itu kita katakan, apabila perkataan  selaras dengan kenyataan maka itulah kejujuran dengan lisan, dan apabila perbuatan tubuh selaras dengan hati maka itulah kejujuran dengan perbuatan. Sedangkan keterbukaan yaitu perilaku toleran dan mau mendapatkan segala saran serta kritik.
Kebiasaan berlaku jujur dan terbuka hendaknya dilaksanakan dalam banyak sekali segi kehidupan, baik dalam konteks sebagai hamba yang berafiliasi dengan sang Khaliq, ataupun dalam konteks sebagaimana layaknya insan dengan sesamanya, ibarat jujur dalam memegang amanah kepemimpinan, dalam jual beli, berumah tangga,ber patner dalam bekerja, baik di instansi pemerintahan ataupun swasta, dll. Sehingga tertutuplah pintu kecurangan, penipuan, kecemburuan, prasangka buruk, bahkan KKN sekalipun.
Bapak-bapak, Ibu-ibu, serta rekan rekan yang sekalian. Sungguh indah negeri ini bila kejujuran dan keterbukaan dilaksanakan. Dengan kejujuran dan keterbukaan  takkan ada korupsi, kongkalikong dan nepotisme yang menjadikan negara ini terpuruk dalam krisis moral dan krisis ekonomi. Dengan kejujuran dan keterbukaan, Indonesia akan bangun dan menjadi negara yang disegani di dunia.
Oleh alasannya yaitu itu, pada kesempatan ini saya mengajak rekan-rekan untuk membudayakan hidup dengan kejujuran dan keterbukaan. Asal ada niat, Insya Allah kita akan sanggup untuk melaksanakannya.
Rupanya hanya ini saja yang saya bisa sampaikan, mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati bapak, ibu dan rekan-rekan semua.

Wabillahitaufik walhidayah waridlo wal inayah wassalam`alaikum wr.wb.

-------------------------------------------------------------------------


( CONTOH 5 )

Pidato Singkat Jujur


Assalamu’alaikum Wr. Wb
Yth bapak/Ibu guru, serta teman-teman sekalian yang saya cintai
Marilah kita bahu-membahu memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Karena berkah dan karunianya kita semua sanggup berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat pada hari yang cerah ini.

Teman-teman suatu hari salah satu shahabat Nabi bertanya padanya : “ya Rosul apakah mukmin itu pahit?” dan Rosul menjawab “ mungkin saja” kemudian ia bertanya lagi “apakah mungkin orang mukmin itu pengecut?” Nabi menjawab lagi “mungkin saja” tapi ketika sahabat Nabi bertanya “apakah orang mukmin itu berbohong?” Nabi menjawab “tidak”.
Teman-teman yang sya banggakan,

Kejujuran yaitu tanda bukti keimanan. Orang mukmin pasti jujur. Jikalau tidak jujur berarti tanda keimananya sedang diserang penyakit munafik. Sebagaiman telah diketahui munafik yaitu orang yang bermuka dua, yang diluar berkata iya dan didalam berkata tidak.

Teman-teman yang berbahagia
Apa yang bisa kita pelajari dari itu tersebut mengajarkan kita untuk berkata jujur lantaran orang mukmin tidak mungkin berbohong. Karena kejujuran yaitu pangkal semua perbuatan baik manusia. Tidak ada perbuatan dan ucapan baik kecuali kejujuran. Oleh alasannya yaitu itu Allah menyuruh orang-orang mukmin biar selalu berkata benardan berlaku jujur. Ini diperintahkan oleh Allah melalui firma-Nya

Yang artinya :

“hai orang-orang yang beriman, bertaqwalah kau kepada Allah dan katakanlah       perkataan yang jujur dan benar.” (Al-Ahzab : 70)
Teman-teman yang berbahagia
Kejujuran yaitu tiang agama, sendi akhlak, dan pokok raja kemanusiaan manusia. Tanpa kejujuran, agama tidak lengkap, adab tidak sempurna, dan seorang insan tidak tepat menjadi manusia. Disinilah pentingnya kejujuran bagi kehidupan. Rosulullah SAW bersabda, “tetap berpegang eratlah pada kejujuran. Walau kau seolah-olah melihat kehancuran dalam berpegang teguh pada kejujuran, tapi yakinlah bahwa didalam kejujuran itu terdapat keselamatan.” (HR. Abu Dunya)

Allah juga berfirman dalam surat Al-Imron
Artinya :
“Sesungguhnya orang-orang yang memperjualbelikan kesepakatan Allah dan bersumpah
dengan harga murah, mereka itu tidak memperoleh penggalan di akhirat. Allah tidak akan mengampuni mereka, tidak akan memperhatikan mereka pada hari kiamat dan tidak akan mensucikan mereka dan bagi mereka yaitu azab yang pedik.” (Al-Imron : 77)

Lagu :
Orang islam pasti jujur,….orang keyakinan pasti makmur…
Yang beriman….panjang umur….
Orang tak beriman akan tersungkur…
Sholatullah…salamullah… ‘ala thoha rosulillah…
Sholatullah… salamullah… ‘ala yasin habibillah.
Mungkin itu saja yang sanggup saya sampaikan…
Ada ranjang dipinggir sumur…
Surya Paloh di Bukit Tingi
Kalau kita panjang umur
Insyaallah sanggup berjumpa lagi

Sekian dari saya selaku penceramah apabila ada kesalahan dari saya jangan dipandang didalam hati mending dibuang dipinggir kali.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

------------------------------------------------------


( CONTOH 6 )


Contoh Pidato Singkat Menumbuhkan Sifat Jujur


Assalamualaikum wr wb

Bapak/ibu guru yang saya hormati, dewan juri, yang saya hormati
Serta teman-teman sekalian yang saya cintai
Marilah kita bahu-membahu memanjatkan puji syukur kita kehadirat Allah
SWT lantaran berkah dan karunianya kita semua sanggup berkumpul dalam keadaan sehat wal'afiat pada hari yang cerah ini

Teman-teman yang saya banggakan,
pada kesempatan kali ini ijinkanlah saya memberikan sebuah pidato singkat saya wacana " menjaga kejujuran "
             jujur artinya tidak curang, tidak berbohong. Makara jujur yaitu tidak bohongbaik dalam ucapan maupun perbuatan. Dengan kejujuran kita dipercaya dan dihormati orang lain. Sekali saja kita membohongi orang lain, maka kepercayaan orang lain kepada kita akan berkurang, atau bahkan akan hilang. Orang yang memiliki sifat jujur sangat bermanfaat sekali untuk dirinya dan juga untuk orang lain.
Manfaat jujur untuk dirinya sendiri yaitu :
1. Semakin percaya diri
2. Merasa optimis
3.Banyak teman
4. Merasa tenang
5. Menambah semangat belajar
          Teman-teman yang berbahagia,
Sebagai penutup, kejujuran yaitu tiang agama, sendi adab dan pokok rasa
kemanusiaan manusia. Tanpa kejujuran, agama tidak lengkap, adab tidak sempurna, dan seorang insan tidak tepat menjadi manusia. Di sinilah pentingnya kejujuran bagi kehidupan.
Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih.

                                      Wassalamu'alaikum wr wb


Demikian warta yang sanggup kami berikan wacana '' Kumpulan Teks Pidato Singkat wacana Kejujuran Terbaik ''. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi acuan untuk anda sebelum berpidato.

Advertisement

Iklan Sidebar