'/> Penjelasan Struktur Teks Eksposisi Dan Misalnya Lengkap -->

Info Populer 2022

Penjelasan Struktur Teks Eksposisi Dan Misalnya Lengkap

Penjelasan Struktur Teks Eksposisi Dan Misalnya Lengkap
Penjelasan Struktur Teks Eksposisi Dan Misalnya Lengkap
Penjelasan Struktur Teks Eksposisi dan Contohnya Lengkap Penjelasan Struktur Teks Eksposisi dan Contohnya Lengkap

Penjelasan Struktur Teks Eksposisi dan Contohnya - Teks eksposisi ialah bentuk teks yang di dalamnya terdapat pemaparan serta klarifikasi perihal suatu hal yang menjadi topik pembicaraan. Penjelasan pada teks eksposisi dijabarkan secara jelas, singkat dan diberisi. Teks eksposisi mempunyai struktur pembentuk yang ada di dalamnya. Oleh lantaran itu dalam menciptakan teks eksposisi penulis harus mengerti terludang keringh lampau perihal struktur teksnya lantaran jikalau tidak terdapat struktur teks eksposisinya maka teks tersebut tidak sanggup dikatakan teks eksposisi.

Struktur Teks Eksposisi

Pada dasarnya terdapat beberapa unsur penyusun teks eksposisi antara lain tesis, argumentasi dan penegasan ulang pendapat. Untuk ludang keringh memahaminya mari lihat penjelasanya dibawah ini.

1.   Tesis
Tesis merupakan bab awal dari struktur teks eksposisi yang isinya berupa sudut pandang ataupun pendapat penulis pada persoalan yang diangkat. Tesis ini nantinya akan diperkuat dengan adanya argumentasi untuk memdiberikan pemahaman kepada pembaca. Pada teks eksposisi tesis disebutkan dibagian awal dan pada bab simpulan kembali dijelaskan berupa penegesan ulang dari persoalan yang diangkat pada tesis.

2.   Argumentasi 
Argumentasi diberisi perihal klarifikasi secara ludang keringh mendalam dari pernyataan pendapat (tesis) yang kebenarannya diakui oleh penulis melalui fakta-fakta yang terdapat pada argumen ini. Argumentasi terletak sesudah tesis ditandai dengan pernyataan-pernyataan penulis perihal topik yang diangkat.

3.   Penegasan Ulang
Penegasan ulang berupa klarifikasi kembali atas tesis yang telah disampaikan yang  didasarkan pada fakta-fakta yang telah dijabarkan penulis pada argumentasi. Penegasan ulang biasanya terdapat pada bab simpulan teks eksposisi. 

Contoh Struktur Teks Eksposisi

  1. Harga jual kedelai yang rendah menciptakan banyak petani kedelai yang beralih ke komoditi lain, contohnya saja di Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur yang sebagian petaninya berpindah untuk menanam komoditi padi, ubi kayu dan singkong, yang dianggap ludang keringh menguntungkan dari pada budidaya kedelai yang harganya sangat rendah.
  2. Saat ini pemerintah telah mencangkan jadwal wajib berguru 12 tahun biar generasi muda sanggup ludang keringh baik lagi, hal ini lantaran pendidikan yang diterima belum dewasa di Indonesia dianggap tidak merata menyerupai di kawasan terpencil maupun perbatasan, tentu saja dengan adanya jadwal wajib berguru 12 tahun nantinya akan terbentuk generasi muda yang sanggup dibutuhkan sanggup menjadi penerus bangsa Indonesia.
  3. Tahun 2015 merupakan tahun yang menjadi permulaan yang baik bagi bangsa Indonesia menyerupai dibangunnya infrastruktur di banyak sekali kawasan hingga meliputi kawasan terpencil, tentunya hal ini sanggup meratakan pembangunan di dalam negeri yang kita tahu selama ini tidak merata.

Nah itulah teman penjelasan struktur teks eksposisi beserta pola yang mungkin sanggup membantu teman untuk mengetahui ludang keringh dalam perihal Bahasa Indonesia. Sampai jumpa dan semoga sukses!
Advertisement

Iklan Sidebar