'/> Contoh Karangan Teks Eksposisi Ihwal Ekonomi Terbaru -->

Info Populer 2022

Contoh Karangan Teks Eksposisi Ihwal Ekonomi Terbaru

Contoh Karangan Teks Eksposisi Ihwal Ekonomi Terbaru
Contoh Karangan Teks Eksposisi Ihwal Ekonomi Terbaru
Contoh Karangan Teks Eksposisi Tentang Ekonomi Terbaru Contoh Karangan Teks Eksposisi Tentang Ekonomi Terbaru

Contoh Karangan Teks Eksposisi Tentang Ekonomi - Jika pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas wacana pengertian paragraf eksposisi, dan strukturnya maka pada pertemuan kali ini admin akan memdiberikan pola terbaru mengenai teks eksposisi. Mari kita lihat pola dibawah ini supaya teman ludang keringh memahami cara menciptakan teks eksposisi.

Contoh Teks Eksposisi wacana Ekonomi 1

Judul: Tantangan Tenaga Kerja Indonesia pada Masyarakat Ekonomi Asean

Pada simpulan tahun 2015 kemudian Indonesia dan seluruh anggota negara-negara di ASEAN resmi memberlakukan MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean yang bertujuan untuk meningkatkan kestabilan ekonomi di negara-negara ASEAN serta menjadi wilayah dengan ekonomi yang kuat. Pada simpulan 2015 seluruh negara-negara ASEAN akan mengalami anutan bebas barang, jasa, investasi dan juga tenaga kerja terdidik. Hal tersebut tentunya akan menjadi tantangan bagi tenaga kerja Indonesia lantaran harus bersaing dengan tenaga kerja aneh yang juga bebas bekerja di Indonesia semenjak diberlakukan MEA. Hal ini tentunya harus sudah dipersiapkan supaya SDM tenaga Indonesia sanggup bersaing dengan orang asing. 

Tak sanggup dipungkiri bahwa SDM di Indonesia belum merata termasuk untuk para pencari kerja yang notabene merupakan golongan usia produktif. Hal tersebut sangat disayangkan ditambah lagi dengan tak diberlakukannya wajib Bahasa Indonesia bagi tenaga aneh yang bekerja di Indonesia tentu akan menciptakan tenaga kerja dalam negeri semakin terancam posisinya. Coba lihat saja menyerupai di Filipina dan Malaysia, masyarakat disana sangat fasih berbahasa inggris lantaran bahasa inggris juga dijadikan bahasa nasional. Berbeda dengan Indonesia yang hanya mempunyai satu bahasa. Hal ini sungguh mengkhawatirkan lantaran kunci keberhasilan kerja juga didasarkan dengan baiknya komunikasi antar tim. Oleh lantaran itu, kalau tenaga kerja dan calon tenaga kerja Indonesia tak sanggup berbahasa Inggris maka hal tersebut akan menyulitkan dirinya dan mengakibatkan Indonesia dikuasai oleh tenaga kerja asing.

Dengan diberlakukannya MEA maka akhir positifnya ialah kemungkinan Indonesia untuk bersaing dengan negara tetangga dalam sektor ekonomi semakin berpengaruh lantaran Indonesia mempunyai sumber daya alam yang melimpah ruah. Oleh lantaran itu kalau hal ini didukung oleh tenaga kerja dalam negeri yang kompeten maka akan menciptakan Indonesia menjadi negara yang berpengaruh dalam sektor ekonomi baik di ASEAN maupun di dunia. 

Contoh Teks Eksposisi wacana Ekonomi 2

Judul: Kondisi Ekonomi Indonesia

Dibandingkan dengan tahun 2008, semenjak tahun 2015 simpulan hingga awal tahun 2016 ini para pakar ekonom menyampaikan bahwa kondisi ekonomi Indonesia ludang keringh baik dan ludang keringh kompleks. Hal ini lantaran kesiapan Indonesia dari aneka macam sektor yang bisa menahan akhir krisis global yang banyak terjadi pada negara-negara eropa. Krisis global bermula dari negara adikuasa Amerika Serikat dan menular hingga ke Eropa hingga menciptakan sektor industri utama disana kudang keringngungan untuk melaksanakan evakuasi terhadap bisnisnya sehingga tak sedikit pengusaha yang gulung tikar.

Indonesia merupakan salah satu Negara yang menganut konsep pasar bebas yang menjadi anutan Negara maju. Banyaknya paket-paket kudang keringjakan yang dikeluarkan untuk kepentingan kelas pemodal atau investor. Umumnya akhir dari krisis global untuk Indonesia telihat sangat jelas. Sejak dilanda krisis global, pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami penurunan. BI memperkirakan penurunan pertumbuhan ekonomi Indonesia berkisar dari 6,1 persen ke 4 persen. Sejak dilanda krisis tingkat ekspor Indonesia mengalami penurunan drastis dari mulanya 12,5 miliar dollar AS pada Juli 2008 ke angka 7,1 miliar dollar AS pada Januari 2009, bukan hanya ekspor, impor juga mengalami penurunan yang signifikan dari 10,7 miliar dollar AS ke 5 miliar dollar AS pada periode yang sama. Penurunan ekspor tersebut terjadi lantaran disebabkan oleh adanya pengurangan tingkat seruan dari Negara maju menyerupai Amerika, Eropa dan juga pasar Asia lantaran problem ekonomi pada Negara-negara tersebut akhir dari krisis global. Selain itu, disisi lain Indonesia mengalami tingkat ketergantungan yang cukup tinggi terhadap pasar luar negeri. Berbeda dengan krisis global tahun 2015 lalu, meskipun skor mata uang rupiah melemah sangat lemah terhadap dollar namun pelemahan tersebut bukanlah yang terburuk kalau dibandingkan Negara-negara lain menyerupai Malaysia, Thailand dan bahkan China yang pelemahan mata uangnya ludang keringh rendah dari Indonesia. Selain itu pertumbuhan ekonomi Indonesia juga meningkat meskipun merangkak lambat.

Penguatan mata uang Rupiah terhadap Dollar memang perlahan menguat. Hal tersebut lantaran paket kudang keringjakan-kudang keringjakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah untuk memperbaharui regulasi yang ada baik itu anutan barang, jasa maupun investasi. Meskipun Negara-negara Eropa belum sepenuhnya pulih dari akhir krisis global kemudian tetapi Indonesia sudah mulai bangun dengan meningkatnya skor investasi dalam negeri dan juga penguatan sektor tumbuhan pangan sehingga skor impor sanggup diperkecil.

Nah itulah teman artikel tentang Contoh Karangan Teks Eksposisi Tentang Ekonomi Terbaru. Semoga sanggup berguna dan hingga jumpa pada pola karangan yang ludang keringh menarik tentunya.
Advertisement

Iklan Sidebar