'/> Teks Sambutan Program Kontribusi Anak Yatim -->

Info Populer 2022

Teks Sambutan Program Kontribusi Anak Yatim

Teks Sambutan Program Kontribusi Anak Yatim
Teks Sambutan Program Kontribusi Anak Yatim
Sambutan yaitu salah satu jenis pidato yang memuat suatu rangkaian kalimat yang disampaikan secara tertulis maupun secara verbal dalam menyambut suatu program atau aktivitas yang akan dilaksanakan.

Unsur Pidato

Ada 6 unsur dalam pidato. Yaitu;

Salam pembuka
Sapaan
Puji syukur
Isi pidato
Penutup pidato
Salam penutup
Salam Pembuka
Salam pembuka yaitu salam untuk memulai jalannya pidato

Sapaan
Sapaan kepada orang penting. Mulai dari yang mempunyai jabatan tinggi hingga bawah

Puji syukur
Unsur pidato yang satu ini merupakan tanda terimakasih kepada Tuhan Yang Maha Esa ...

Isi pidato
Isi pidato atau pokok pidato adalah

Penutup pidato
Penutup pidato itu termasuk himbauan, ajakan, dan rasa terimakasih ...

Salam penutup
Salam epilog berarti salam terakhir lantaran pidato telah selesai sehabis penutup. Contohnya kata: Wasalam atau sebagainya.

Sambutan yaitu salah satu jenis pidato yang memuat suatu rangkaian kalimat yang disampaik Teks Sambutan Acara Santunan Anak Yatim

Berikut Contoh Sambutan Acara Santunan Anak Yatim :


( CONTOH 1 )

KATA SAMBUTAN ACARA SANTUNAN ANAK YATIM

Bismilahirohmanirrohim, 
Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Ahamdulillahi robbil ‘arsyil ‘adim,
Washolaatu wassalamu’ala rosulihil karim,
sayyidina wa maulaanaa muhammadin rouffurrohim,
wa’ala aalihi wa ash haabihil ladziina badaluu nufuusahum wa amwaa lahum khoolishon liwajhil karim. Ama ba’du.

Yang kami hormati Pembina IKBI Bp Haji Yazid
Yang kami hormati ketua Panitia Bp Syafei
Yang kami hormati Seluruh Panitia & Pengurus IKBI beserta keluarganya
Yang kami hormati Orang Tua Wali Yatim
Adik-adik kami yang senantiasa dirahmati Allah Swt.

Pertama, marilah kita panjatkan rasa syukur.. kehadirat Allah, lantaran segala puji hanya milik Allah semata, Tuhan penguasa Arsy Yang Maha Agung. Semoga keselamatan dan kesejahteraan tetap terlimpahkan kepada utusanNya yang mulia yakni junjungan kita Nabi Muhammad Saw. Demikian pula semoga keselamatan dan kesejahteraan tetap terlimpahkan kepada keluarganya, para sahabatnya yang telah mencurahkan jiwa dan harta mereka semata-mata lantaran Allah Yang Maha Mulia.

Kepada Ibu-Ibu orang renta Yatim saya ucapkan banyak terima kasih atas keikutsertaannya. Tujuan Kami hanya ingin terus bersilaturahmi pengikat tali ukuwah dengan te, memperkecil jarak antara kami dan belum dewasa kami yang ada disini, dan semoga menjadi penyenang bagi adik-adik sekalian.
Demikian sambutan ini, mohon maaf jika banyak terdapat kekurangan dan kesalahan dan terimakasih atas segala perhatian.

-------------------------------------------------------------------------------------



( CONTOH 2 )

Contoh Pidato Sambutan Ketua Panitia Dalam Program Derma Yatim Piatu

 السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ، وَنَعُوذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَمِنْ سَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا، مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ ،َأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ.، أَمَّا بَعْدُ؛

Yang kami hormati ……………………….
Yang kami hormati ……………………….
Yang kami hormati ……………………….
Yang kami hormati ……………………….

Adik-adik kami yatim piatu yang kami cintai dan senantiasa dirahmati Allah Swt.

Pertama, marilah kita panjatkan rasa syukur.. kehadirat Allah, lantaran segala puji hanya milik Allah semata, Tuhan penguasa Arsy Yang Maha Agung. Semoga keselamatan dan kesejahteraan tetap terlimpahkan kepada utusanNya yang mulia yakni junjungan kita Nabi Muhammad Saw. Demikian pula semoga keselamatan dan kesejahteraan tetap terlimpahkan kepada keluarganya, para sahabatnya yang telah mencurahkan jiwa dan harta mereka semata-mata lantaran Allah Yang Maha Mulia.

Selanjutnya, pertama- tama kami ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada semua donatur, warga jamanis dan sekitarnya, yang telah menyumbangkan sebagian rizqinya untuk santunan ini, dan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya program ini (diantaranya sahabat-sahabat ansor dari rumah kerumah warga, pantia santunan, motor penggagas program ini serta kaum muslimah yang telah hadir disini). Semoga amal ibadah ibu semuanya di balas oleh Allah Swt. Amin.

Para tamu undangan beserta belum dewasa yatim yang saya sayangi.
Agenda santunan anak yatim kali ini merupakan sebuah aktivitas sosial yang memang patut untuk dilestarikan. Bahkan dalam agama Islam aktivitas menyantuni anak yatim merupakan suatu aktivitas yang benar-benar sangat dianjurkan, bahkan bagi orang-orang yang memperlihatkan santunan untuk anak yatim akan mendapat kawasan tersendiri di dalam nirwana nantinya.

Hal ini sesuai dengan sebuah hadist nabi yang berbunyi :

Dari Sahl bin Sa’ad radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda

« أَنَا وَكَافِلُ الْيَتِيمِ فِى الْجَنَّةِ هكَذَا » وأشار بالسبابة والوسطى وفرج بينهما شيئاً

“Aku dan orang yang menanggung anak yatim (kedudukannya) di nirwana ibarat ini”, kemudian ia shallallahu ‘alaihi wa sallam mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah ia shallallahu ‘alaihi wa sallam, serta agak merenggangkan keduanya

Melihat hadist tersebut pastinya kita tahu betul bagaimana aktivitas menyantuni anak yatim merupakan suatu aktivitas yang sangat mulia. Dalam hadist tersebut juga telah diberikan makna tersirat mengenai pahala dan keutamaan untuk orang-orang yang menyantuni anak yatim.

Para tamu undangan beserta belum dewasa yatim yang diselalu dirahmati oleh Allah SWT.
Banyak faidah dan pesan yang tersirat yang akan kita dapatkan ketika kita menyantuni belum dewasa yatim. Bagi umat Islam yang seringkali menyantuni anak yatim bahkan akan mendapat kawasan yang tinggi ketika berada di dalam nirwana lantaran akan ditempatkan bersahabat dengan kedudukan Rosullullah SAW. Tentunya banyak hal yang sanggup kita lakukan untuk menyantuni anak yatim. Baik itu memperhatikan segala kehidupannya sehari-hari dari pakaian hingga makanan, mengasuhnya dan juga mendidiknya untuk mendapat pendidikan agama yang layak.

Saya kira cukup sekian sambuatan yang sanggup saya sampaikan, sebelum saya mengakhiri pidato saya kali ini, tak lupa juga ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh donatur yang telah menyumbangkan sebagian hartanya untuk program santunan anak yatim pada pagi hari ini. semoga segala amal ibadah yang kita semua diterima oleh Allah SWT dan akan menyebabkan lahan pahala untuk kita di akherat. Amin.

Billahi taufiq wal hidayah.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

--------------------------------------------------------------------------------------



( CONTOH 3 )

cara memberi sambutan program penyantunan anak yatim

Assalamualaikum..Wr..Wb

Bismillaahirrahmaanirrahiim,
Alhamdulillaahi robbil  aalamiin,wassolaatuwassalaamualaa asrofil anbiyaa ii wal mursaliin sayyidina Muhammadin wa’ala alihi wa’ashabihiaj’main

Yang saya hormati Para 'Alim 'Ulama, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua DKM Alma’mur Bumi Asri yaitu Bpk.H Abdul Rachman Fauzi , Sesepuh pinisepuh Lingkungan RW 17 BA
Yang saya hormati... Bpk Ketua Rw 17 beserta Ibu , Bapak-bapak ketua Rt.01 samapi 09 Rw 17 B.Asri, Tamu undangan, Bapak-bapak Ibu-ibu warga Rt.05, rekan –rekan panitia Karang Taruna Gemma 17 yang saya hormati dan saya cintai .

Segala  puji bagi Allah SWT, Tuhan semesta alam. Karena  berkat rahmat, hidayah dan inayah-Nya. Kita sanggup dipertemukan dalam keadaan sehat tanpa kekurangan satu apapun.

Sholawat seiring  salam semoga tetap terlimpah kan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, termasuk keluarga, para sahabatnya, dan kepada kita semua selaku ummatnya hingga simpulan zaman.

Hadirin wal hadlirot Rokhimakumullah
Perkenankanlah pada malam hari ini kami selaku panitia pelaksana pada aktivitas yang bertemakan “ Cinta dan Kasih terhadap sesama “.
Memang aktivitas malam ini  bukan suatu aktivitas yang pertama kalinya, lantaran semenjak beberapa tahun yang kemudian setiap tahunnya, kami adakan dalam rangka  menjelang Ujian sekolah maupun ujian nasional.

Namun hanya pelaksa -naannya saja ada perubahan kemasan yang yang setiap tahunnya lebih baik. Karena sebelum-belumnya hanya oleh karang taruna namun 2 tahun ini mendapat perhatian serius dari Pengurus RT 05 beserta jajarannya dan proteksi penuh dari seluruh warga Rt.05.

Bapak-ibu hadirin yang kami mulyakan
Pada kesempatan ini juga kami sampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada

1.Ketua RT.05 yaitu Bpk Suparno S.Pd beserta stafnya
2.Seluruh donatur yang telah mendonasi sedikit rejekinya/ materi yang diberikan kepada kami, 
3.Rekan – rekan panitia, yang kompak dan solid bergandeng tangan untuk bekerjasama
Meluangkan waktu tenaga pikiran maupun lainnya.

Semoga Allah SWT  akan akan mencatat sbg amal ibadah yang baik serta diberikan pahala yang berlipat ganda kepada kita semua, aamin.

Bapak-ibu hadirin yang kami hormati perlu kami sampaikan maksud dan tujuan diadakan program ibarat malam ini yaitu :
1.Belajar berempati kepada sesama wabil khusus kepada rekan –rekan yang telah kehi-langan kasih sayang yang utuh dari orangtua.

2.Belajar mengembangkan sedikit rejeki  yang kami sisih kan kepada rekan-rekan yang seharusnya menjadi haknya.

3.Kami minta keikhlasan hati untuk doa nya semoga kami sebagian anggota karang taruna Gemma 17 RT.05 yang tidak usang lagi akan melakukan Ujian Sekolah/ Nasional, melanjutkan studi maupun  yang akan melamar kerja semoga senantiasa diberikan kesehatan dan  keselamatan sehingga kami diberikan fasilitas dan kelancaran yang balasannya harapan dan impian kami tercapai. Aamin.

Bapak-ibu hadirin yang kami hormati sebelum saya akhiri kami menyadari sesungguhnya pelaksanaan aktivitas ini tentu saja masih banyak kekurangan disana sini. Sehingga pada kesempatan ini juga mohon kritik dan sarannya, untuk perbaikan di masa yang akan tiba dan tidak lupa mohon dimaafkan
 
Pada kesempatan ini kami  menghimbau kepada bapak ibu hadirin sanggup mengikuti program demi program ini hingga usai nanti.

Akhirul kata saya ucapkan
Billahittaufiq wal hidayah,

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
-----------------------------------------------------------------------------------------


( CONTOH 4 )

PIDATO SINGKAT TENTANG MENYANTUNI ANAK YATIM

Assalamu’alaikum

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ. بِسْمِ اللهِ الَّذِى لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّاباللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ. الصَّلاَةُ وَ السَّلاَمُ عَلَى خَاتَمِ النَّبِيِّيْنَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَيْ آ لِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ , أمّابَعْدُ

Yang saya hormati, Bpk. Kepala Sekolah Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 29 sawangan
Yang saya hormati, Bapak pembina Rohis SMPM 29 Sawangan
Yang saya hormati, Bpk dan Ibu guru yang tidak sanggup saya sebutkan satu-persatu namanya namun tidak menghormati rasa hormat saya
Dan sobat sekalian yang selalu dimudahkan belajarnya.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji syukur kita atas kehadirat Allah Swt, lantaran berkat rahmatnya kita semua sanggup berkumpul di kawasan yang mulia ini.
Solawat dan salam mari kita persembahkan kepada baginda alam, nabi simpulan zaman, rasulul amin, nabi Muhammad Saw yang telah membawa kita dari zaman kebodohan hingga zaman yang penuh ilmu pengetahuan ini.
Baiklah, hadirnya saya disini akan membawakan sebuah pidato yang berjudul :

MENYANTUNI ANAK YATIM

Teman-temanku yang mulia

Sering kali kita mendengar yatim dalam kehidupan kita. Yatim yaitu seseorang yang tidak mempunyai ayah, lantaran meninggal dunia ataupun hal lainnya. Anak yatim bukanlah seseorang yang berbeda dari kita semua. Ia mempunyai hati nurani, mengharapkan kasih sayang serta membutuhkan sesama. Maka dari itu, sudah seharusnya bagi kita untuk selalu menyayangi anak yatim, lantaran bagaimanpun, mereka yaitu saudara kita yang harus kita kasihi.

Ketahuilah wahai teman-temanku sesungguhnya Rasulullah Saw sangat menyayangi anak yatim. Rasulullah pernah melihat seorang anak menangis di tepi jalan pada ketika hari raya, dima semua orang bergembira. Anak itu menangis dikarenakan telah pergi kedua orangtuanya dan Rasululah pun merasa iba, kemudian rasul berkata “Wahai anaku, mulai kini Aku Muhammad yaitu Ayahmu”.

Teman-temanku sekalian
Betapa mulia anak yatim itu, hingga Rasulullah berkata ibarat itu. Bahakan Allah berfirman :

Artinya :  Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, Sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya (Q.S. an Nisa,10)
Itulah bahaya dari Allah bagi orang-orang yang memakan harta anak yatim dengan keji, mereka akan diberi makan api neraka dan akan disiksa di dalamnya. Na’udzubillah.

Kawanku sekalian
Demikianlah pidato dari saya, semoga membawa manfaat, kurang dan lebihnya saya mohon maaf, saya akhiri

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

----------------------------------------------------------------------------


( CONTOH 5 )

Pidato Menyantuni Dan Mencintai Anak Yatim

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الأزْمَانِ وَالآنَاءِ، فَلا ابْتِدَاءَ لوجوده ولا انتهاءَ، يستوي بعلمه السرُّ والخفاءُ، اَللَّهُمَّ صَلِّيْ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ خَاتِمِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمَرْسَلِيْنَ وَعَلَي آلِهِ الطَّيِّبِيْنَ وَأَصْحَابِهِ اْلأَخْيَارِ أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ.

Yang saya hormati Bapak dan Ibu serta tamu undangan yang berbahagia

Pertama dan yang paling umata, marilah kita senantiasa bersyukur kepada Allah, atas limpahan nikmat yang telah diberikan kepada kita, sehingga kita sanggup berjumpa di sini dalam keadaan sehat wal afiat.

Yang kedua, ucapan Allahumma sholli ala sayyidina muhammad, marilah kita senantiasa bershalawat kepada nabi Muhammad SAW yang selalu kita jadikan panutan dalam kehidupan dan yang selalu kita nantikan sayafaatnya. Amin.

Hadirin yang dirahmati Allah

Pada kesempatan kali ini, saya akan berpidato dengan judul menyayangi dan menyantuni anak yatim.
Sejatinya umat muslim yaitu saudara, maka dari itu kita harus saling tolong menolong dalam hal kebaikan. Dalam hal ini akan kita bahas mengenai anak yatim.

Siapa itu anak yatim? Anak yatim yaitu seorang anak yang belum baligh yang ditinggalkan oleh seorang ayahnya. Mereka-mereka ini sama ibarat kita ibarat insan biasa yang butuh kasih sayang dan pertolongan. Mereka lebih membutuhkan pertolongan kepada kita lantaran seorang ayahnya telah tiada sehingga beban kebutuhan ditanggung oleh seorang Ibu.

Bagaimana perilaku kita terhadap anak yatim? Tentu kita harus berbuat baik, menyeyangi, menatuni, dan dihentikan menghardiknya. Hal ini telah dicontohkan oleh Rosulullah dalam kisahnya. Pada zaman Rosulullah. Tepat di hari raya ada seorang anak menangis, padahal anak lainnya bergembira dan bersuka cita menyambut kedatangan hari raya. Kemudian Rosulullah mendekatinya dan menanyakan sebabnya dia menagis. Kemudian anak tersebut menjelaskan bahwa dia sudah lagi tidak mempunyai ayah dan ibu. Saat itu pula nabi Muhammad mengangkat anak yatim tersebut menjadi anaknya.

Hadirin yang dirahmati Allah

Sepenggal kisah dongeng ini tentu sanggup menyebabkan kita termotivasi untuk mencintai, dan menyangi anak yatim. Misalnya kita memberi sedekah kepadanya, tidak menyinggung perasaanya hal ini sangat dianjurkan oleh Rosulullah.

Dalam hadisnya, Rosulullah bersabda :

Barang siapa yang menyayangi anak yatim, kelak disurga akan bersamaku ibarat kedua jari ini. (Yaitu saling berdekatan) Sungguh luar biasa.

Dalam Al-Qur’an juga dijelaskan, bahwa barang siapa yang memakan harta anak yatim, sesungguhnya orang tersebut sedang memakan apai sepenuh perutnya.


إِنَّ الَّذِينَ يَأْكُلُونَ أَمْوٰلَ الْيَتٰمَىٰ ظُلْمًا إِنَّمَا يَأْكُلُونَ فِى بُطُونِهِمْ نَارًا ۖ وَسَيَصْلَوْنَ سَعِيرًا :

Artinya :
"Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka)."

Hadirin yang saya hormati

Demikianlah sedikit pidato yang sanggup saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Advertisement

Iklan Sidebar