'/> Kisah Nabi Musa As Lengkap Singkat -->

Info Populer 2022

Kisah Nabi Musa As Lengkap Singkat

Kisah Nabi Musa As Lengkap Singkat
Kisah Nabi Musa As Lengkap Singkat
Kisah Nabi Musa As - Zaman dahulu, negeri mesir dikuasai oleh Raja Fir'aun. Raja ini sangat kejam. Dia mengaku menjadi Tuhan yang harus disembah oleh semua rakyatnya. Tak ada yang berani melawannya.

Suatu hari ada hebat Nujum tiba menghadap Fir'aun. Ia meramalkan akan ada anak laki laki yang lahir dari keturunan Bani Israil. Jika sudah besar, anak ini akan menggulingkan Fir'au dan tahta kerajaan.Firaun sangat murka mendengar ramalan itu. Lalu, pikiran licik dan pengecut muncul dikepalanya. Dia memerintahkan tentaranya untuk membunuh semua bayi pria yang ditemui keturunan Bani Israil.Tidak pandang bulu.

 Dia mengaku menjadi Tuhan yang harus disembah oleh semua rakyatnya Kisah Nabi Musa As Lengkap Singkat


Ada lelaki berjulukan Imran. Dia bekerja di istana Firaun. Ia memberitahukan kabar tersebut kepada istrinya, Yukabad, yang sedang hamil tua. Imran dan Istrinya bersembunyi dan sambil menunggu kelahiran putra mereka.

Anak yang dilahirkan ternyata laki-laki.Yakubad berdoa kepada Allah biar diselamatkan dari kekejaman Fir'aun. Allah Maha Mendengar. Allah memberi perintah biar menghanyutkan anaknya kesungai Nil. Kemudian Yakubad dan Imran memasukkan anaknya kedalam sebuah kotak, dan melaksankan petunjuk Allah yang telah diterima. Atas kehendak Allah kotak yang berisi bayi ini tersangkut dibelakang istana Fir'aun. 

Ketika istri fir'aun yang berjulukan Asiyah selesai mandi, dia menemukannya. Karena tertarik dengan bayi yang lucu itu, Asiyah ingin mengangkat bayi ini sebagai anak angkat. Kemudian dia membawa bayi ini ke hadapan Fir'aun. Awalnya Fir'aun menolak. Ia malah akan membunuh bayi itu. Tapi sesudah Asiyah membujuk, kesannya Fir'aun oke pula.

Singkat cerita, bayi yang kemudian diberi nama Musa ini tumbuh menjadi cowok yang gagah dan tampan. Mulanya dia merasa sebagai anak Fir'aun. Namun sebab kecerdasan yang diberikan Allah, dia pun segera tahu bahwa dia yaitu anak Imran dan Yukabad. Dia yaitu keturunan Bani Israil yang tertindas. 

Melihat bangsanya tertindas, Musa bertekad untuk membebaskan Bani Israil dari kekejaman Fir'aun. Menentang perintah untuk menyembah Fir'aun, membela kaum Bani Israil dari penindasan. Akhirnya Fir'aun mengusir Musa dari Mesir. Musa pergi ke negeri lain, dan menikahi anak Nabi Syu'aib.
Setelah beberapa tahun, Musa kembali ke Mesir. 

Di tengah perjalanan, ia beristirahat di Bukit Sinai. Tiba-tiba Musa melihat sebuah cahaya sangat jelas di balik bukit. Musa pun mendatangi daerah itu. Alangkah terkejutnya Musa ketika hingga di daerah itu. Cahaya itu berasal dari bawah sebuah pohon zaitun. Musa merasa sangat takjub. Setelah beberapa ketika melihat sekelilingnya, Musa mendengar sebuah suara. Tapi ia sangat bingung, sebab di sekitarnya tidak ada orang lain. 

Ternyata, bunyi itu yaitu bunyi Allah swt. Allah mengangkat Musa menjadi rasul-Nya. Dia diperintahkan untuk mengajak Bani Israil menyembah Allah, bukan menyembah Fir'aun. Allah berbicara pribadi dengan Musa. Karena itu, Musa disebut sebagai kalimullah.

Setiba di Mesir, Nabi Musa memberikan seruannya, bahwa tiada yang patut disembah kecuali Allah. Semakin lama, pengikut Nabi Musa semakin banyak. Fir'aun sangat murka mendengar isu ini. Dia pun menantang Nabi Musa. Nabi Musa sama sekali tidak gentar dengan tantangan ini. Sebab dia yakin, Allah akan menolongnya.

Musa tiba ke alun-alun. Di sana sudah hadir para hebat sihir Fir’aun. “Hai Musa, kini tunjukanlah kehebatan Tuhanmu itu!" kata Fir’aun dengan sangat sombing. Dia yakin tukang-tukang sihirnya akan bisa mengalahkan Musa. Para hebat sihir itu melemparkan tali yang banyak ketengah lapangan.Tali tali itu menjelma ular.kecil yang siap menyerang Musa.Tetapi Musa tidak takut. Ia melemparkan tongkatnya ketengah lapangan. Tongkat itu menjelma ular yang sangat besar dan memakan ular-ular kecil milik tukang sihir. Melihat itu, Fir'aun sangat terkejut. Para tukang sihir pun ketakutan. Bahkan tukang-tukang sihir itu kemudian menjadi pengikut Nabi Musa, dan meyakini Allah sebagai Tuhan mereka.

Fir'aun murka. Dia segera memerintahkan prajuritnya untuk membunUh semua pengikut Musa. Karena itu, Nabi Musa dan para pengikutnya Ian hingga ke luar Mesir. Mereka menuju Palestina. Pasukan Fir’aun masih saja terus mengejar. Musa dan pengikutnya juga terus berlari. Akhirnya mereka hingga di tepi Laut Merah. Mereka pun sangat bingung. 

Di depan mereka ada maritim yang sangat dalam dan luas. Sedangkan di belakang mereka, Fir'aun dan bala tentaranya terus mengejar. “Musa, pukulkan tongkatmu ke laut!” Allah memerintah Nabi Musa untuk memukulkan tongkatnya.

Subhanallah! Laut yang sangat dalam dan lebar itu terbelah menjadi jalan yang kering dan nyaman dilaiui. Musa dan pengikutnya segera melewati maritim ini dengan aman. Fir'aun dan pasukannya tetap mengejar, menyusul melewati jalan itu. 

Ketika rombongan Musa sudah hingga di seberang, Fir'aun dan pasukannya masih berada di tengah maritim yang kering itu. Kemudian Allah memberi perintah lagi untuk memukulkan tongkatnya. Air maritim menutup kembali. Maka, binasalah Fir'aun beserta tentaranya, karam di Laut Merah Untuk berdakwah kepada Bani Israil, Allah membekali Nabi Musa dengan“
sebuah kitab suci, yakni Taurat. Sedangkan Nabi Musa wafat pada usia 120 tahun di Gunung Nebo.

Meneladanl keberanian dan kegigihan Nabi Musa a.s. 

Nah, teman-teman sudah membaca kisah Nabi Musa yang pemberani. Seru, kan? Dengan membaca kisah tersebut, tentu ada sikap yang layak kita teladan! dari Nabi Musa.

Pertama, keberanian menyampaikan kebenaran, walaupun diancam oleh penguasa yang kejam. Keberanian Nabi Musa a.s. yaitu sebuah contoh bagi kita. Kita tak perlu takut memberikan kebenaran. Allah akan senantiasa melindungi hamba-Nya yang berjuang di jalan yang benar. 

Kedua, berjuang di jalan Allah dengan tabah dan sabar. Musa tidak mengeluh atau mengalah di tengah jalan sebelum tujuannya tercapai. 

Ketiga, menjadi pemimpin yang benar-benar memperjuangkan nasib kaumnya. Musa menghadapi bahaya yang berat, namun tetap tanpa kenal lelah ben‘uang demi umatnya. 

Demikianlah kisah Nabi Musa a.s. Dengan mengetahui kisahnya, kalian dibutuhkan sanggup meneladani sikap beliau. Ok, selamat mengikuti kisah Nabi selanjutnya. 


Advertisement

Iklan Sidebar