'/> Contoh Naskah Pidato Ihwal Pendidikan Abjad Bangsa ( 5 Teladan Terbaik ) -->

Info Populer 2022

Contoh Naskah Pidato Ihwal Pendidikan Abjad Bangsa ( 5 Teladan Terbaik )

Contoh Naskah Pidato Ihwal Pendidikan Abjad Bangsa ( 5 Teladan Terbaik )
Contoh Naskah Pidato Ihwal Pendidikan Abjad Bangsa ( 5 Teladan Terbaik )
Berikut Contoh Naskah Pidato Tentang Pendidikan Karakter Bangsa :

Contoh Naskah Pidato Tentang Pendidikan Karakter Bangsa Contoh Naskah Pidato Tentang Pendidikan Karakter Bangsa ( 5 Contoh Terbaik )


Pentingnya Pendidikan Karakter
Assalamualaikum wr, wb.


Para hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan kali ini, marilah kita mengucap syukur kepada Allah SWT yang telah menawarkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kita bisa berjumpa di pagi hari yang cerah ini, untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional. Adapun pidato yang akan saya sampaikan hari ini mempunyai tema pentingnya pendidikan karakter.

Sebagaimana kita ketahui, bahwa pendidikan abjad yaitu bentuk aktivitas pendidikan yang bertujuan untuk membentuk kepribadian para penerima didik biar menjadi lebih baik. Dengan pendidikan karakter, belum dewasa kita akan dituntun untuk membuatkan kepribadiannya supaya belum dewasa kita menjadi lebih baik. Khusus di negara kita, pendidikan abjad akan menuntun belum dewasa kita untuk mempunyai lima abjad dasar yang mesti dipunyai seorang siswa atau penerima didik, yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Dengan mempunyai karakter-karakter tersebut, diharapkan belum dewasa kita bertumbuh menjadi generasi emas yang tangguh, cerdas, dan berkarakter.

Dengan demikian, pendidikan abjad begitu penting dan mesti diterapkan di sekolah-sekolah ketika ini khususnya di sekolah kita, biar nantinya belum dewasa kita bisa menjadi generasi yang lebih baik dari kita. Adapun metode atau cara biar kita sanggup mengaplikasikan pendidikan abjad di sekolah kita yaitu dengan mengakibatkan diri kita sebagai teladan baik bagi belum dewasa kita. Selain itu, pengajaran ihwal keagamaan dan kewarganegaraan mesti kita ajarkan dengan metode dua arah, yakni dengan melibatkan belum dewasa kita dalam setiap pembelajaran bahan pembelajaran tersebut, entah itu dengan bertanya atau menyatakan pengalaman empirik mereka yang berafiliasi dengan keagaamaan dan kewarganegaraan.

Sekali lagi saya katakan, bahwa pendidikan abjad mesti diaplikasikan ke tiap-tiap sekolah, termasuk sekolah kita. Sebab, dengan pendidikan karakter, belum dewasa kita akan bertumbuh menjadi generasi yang cerdas, religius, dan mempunyai abjad yang kuat.

Demikianlah pidato yang sanggup saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mohon dimaafkan bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penyampaian pidato saya ini. Semoga rahmat dan ridho-Nya senantiasa selalu ada bersama kita. Amin.

Wassalamualaikum wr, wb.

------------------------------------------------------------------------------------




Contoh Naskah Pidato


“Pendidikan  Karakter  Bagi  Pelajar  Indonesia”

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Bapak/Ibu Guru yang saya hormati, serta teman-teman yang saya sayangi. Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah menawarkan nikmat dan hidayahnya, sehingga kita semua sanggup berkumpul pagi ini dengan keadaan sehat wal’afiat. Semoga Shalawat serta salam, semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW. Nabi kiamat dan panutan umat manusia.

Bapak/Ibu Guru yang saya hormati, dan teman-teman yang saya sayangi. Perkekenankan pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan betapa “Pentinnya Pedidikan Karakter di Lingkungan Sekolah”. Persoalan budaya dan abjad bangsa yang muncul di masyarakat, menyerupai kekerasa, kejahatan, perkelahian, dan tindakan criminal lainnya kini menjadi topic pembahasan hangat di media massa, seminar, dan banyak sekali kesempatan lainnya.

Pada tahun ini, pemerintah mencanangkan pendidikan budaya dan abjad bangsa di lingkungan pendidikan, tujuannya antara lain yaitu :
1. Mengembangkan kebiasaan terpuji sesuai dengan budaya bangsa yang religious.
2. Memiliki abjad yang menurut nilai-nilai Pancasila dan sanggup membuatkan nilai-nilai tersebut pada diri kita melalui pendidikan hati, otak, dan fisik.
3. Menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab sebagai generasi penerus bangsa.
4. Menjadi insan yang mandiri, kreatif, dan berwawasan kebangsaan.
5. Mengembangkan lingkungan sekolah yang aman, jujur, penuh kreativitas, dan bersahabat.

Bapak/Ibu Guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi. Saya akan mengambil pola ihwal sikap siswa di Sekolah yang kurang baik. Misalnya bertengkar, memalak, tidak memberi salam ketika bertemu Guru, mencuri, makan dan minum sambil berjalan, membuang sampah sembarangan, mengeluarkan kata-kata yang kurang yummy di dengar,dan masih banyak lagi. Dari beberapa pola tersebut sudah mengambarkan budaya dan abjad kita tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Siapa yang masih menyerupai itu ? Pasti, tidakkan ? Apakah kita mau, dikatakan sebagai bangsa yang katanya beradab dan berpendidikan tinggi, tapi dalam kenyataannya, moral kita justru memalukan dimata bangsa lain ? Tentu tidak bukan ?!!  Maka dari itu kita harus menyaring budaya asing/luar yang tidak sesuai dengan budaya dan abjad kita meskipun banyak efek dari banyak sekali sumber. Misalnya ; mesia massa, internet, dan lingkungan sekitar.

Budaya bangsa Indonesia sebagai orang timur harus kita lestarikan biar dimata bangsa lain kita tetap dikenal sebagai bangsa yang beradab, mempunyai wawasan cara berpikir, cara bertindak dan cara menuntaskan kasus sesuai dengan norma dan ciri keIndonesiaannya.

Bapak/Ibu Guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi. Demikian pidato yang sanggup saya sampaikan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada salah saya mohon maaf dan apabila ada benarnya itu lantaran Allah SWT semata.

Wassalamu’laikum Wr. Wb.


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------


PIDATO "PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER"


Assalamu’Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah menawarkan nikmat dan hidayahnya, sehingga kita semua bisa berkumpul pagi ini dengan keadaan sehat wal’afiat. Semoga Shalawat serta salam, tetap tercurahkan kepada junjungan kita, Nabi Besar Muhammad SAW. Nabi kiamat dan panutan umat manusia.

Hadirin dan hadirat yang dirahmati oleh Allah SWT
Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan “Pentingnya Pendidikan Karakter”. Karakter merupakan cerminan kepribadian secara utuh dari seseorang, meliputi mentalitas, sikap dan perilaku. Pembelajaran ihwal tata-krama, sopan santun, dan adat-istiadat, mengakibatkan seseorang sanggup disebut berkepribadian baik atau tidak baik.
Pendidikan abjad diarahkan untuk menawarkan tekanan pada nilai-nilai tertentu menyerupai rasa hormat, tanggungjawab, jujur, peduli, dan adil biar sanggup memahami, memperhatikan, dan melaksanakan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan mereka sendiri.
Tujuan pendidikan abjad ini yaitu untuk membantu belum dewasa dan remaja biar mempunyai sifat peduli dan jujur, berpendirian, bertanggung jawab, berjiwa pemimpin, bersikap mandiri, kreatif dan berwawasan luas.

Hadirin dan hadirat yang dirahmati oleh Allah SWT
Budaya absurd memang sangat mensugesti abjad anak. Maka dari itu kita harus bisa menyaring budaya absurd yang tidak sesuai dengan budaya dan abjad kita meskipun banyak efek dari banyak sekali sumber. Faktor pendidikan abjad ada di keluarga dan lingkungan.

Peran lingkungan sekolah dalam pendidikan abjad yaitu untuk menanamkan dan membuatkan nilai-nilai yang baik dan membantu para siswa membentuk dan membangun abjad mereka dengan nilai-nilai yang baik. menyerupai kerja sama, keberagaman, kejujuran, menangani kecemasan, membantu orang lain, persahabatan, cara belajar, menejemen konflik, pencegahan penggunaan narkotika, dan sebagainya.
Peran keluarga dalam pendidikan abjad yaitu mengajarkan anak untuk menciptakan pilihan dan keputusan, memberitau apa saja perbuatan yang baik dan buruk, tidak menggunakan fisik ketika mendidik anak, dan sebagainya.

Harapan dari adanya pendidikan abjad yang diajarkan semenjak dini  yaitu semoga sanggup menciptakan belum dewasa dan para remaja menjadi pribadi yang berkarakter baik.
Kaprikornus sanggup disimpulkan bahwa pendidikan abjad sangat penting bagi anak-anak. Jika mereka sudah dididik karakternya semenjak dini, maka kemungkinan besar mereka akan sukses di masa dewasanya nanti, dan menjadi pribadi yang berkarakter baik.
Hadirin dan hadirat yang dirahmati oleh Allah SWT
Demikian pidato yang sanggup saya sampaikan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada kata yang kurang berkenan di hati, mohon dimaafkan.
Wassalamu’Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



----------------------------------------------------------------------------------------------------


Pidato Pendidikan Karakter Bagi Remaja
Pembukaan Pidato Pendidikan Karakter Remaja :
Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang mana telah menawarkan segala nikmat yang tiada tara kepada kita sehingga pada hari ini kita sanggup berkumpul bersama sama dalam program bimbingan abjad remaja ini.

Terima kasih saya sampaikan kepada para hadirin Bpk/Ibu dan para adik adik remaja yang telah menyempatkan hadir pada program ini, semoga apa yang kita lakukan hari ini sanggup bermanfaat bagi kita semua khususnya para adik adik yang hadir.

Isi Pidato Pendidikan Karakter Bagi Remaja :
Hadirin yang saya hormati dan adik adik tercinta,
Usia remaja yaitu usia yang cukup kuat terhadap perkembangan masa depan kalian, dimana pada usia remaja kita harus benar benar hati hati dalam menentukan pergaulan dan pendidikan. Jangan hingga usia remaja kita dibuang begitu saja tanpa kita gunakan untuk sesuatu yang bermanfaat menyerupai menyaiapkan diri kita untuk masa depan kita misalnya.

Banyak faktor yang mensugesti remaja dalam pencapaian abjad mereka ketika usia dewasa, dimana biasanya faktor ini disebabkan oleh lingkungan atau masyarakat dan juga arah pergaulan mereka. Oleh lantaran itu jikalau kita menginginkan kehidupan kita yang terbaik untuk masa depan yaitu dengan menggunakan waktu remaja kita dengan berguru dan melaksanakan aktivitas yang bermanfaat untuk kita kelak.

Hadirin para adik adik ku tercinta,
Salah satu hal yang bermanfaat dalam usia remaja yaitu dengan mengikuti aktivitas pendidikan karakter, dimana pendidikan abjad ini sanggup membentuk para remaja kedalam keahlian khusus maupun talenta bakat yang ada pada diri kalian sehingga kelak jikalau kalian remaja akan mempunyai keahlian maupun abjad yang sanggup bermanfaat untuk kehidupan kalian. Selain itu juga pendidikan abjad sanggup melahirkan nilai nilai positif terhadap diri kita dan juga nilai nilai sifat dan kebijaksanaan pekerti yang baik. Oleh lantaran itu marilah kita songsong masa depan kita dengan menentukan menggunakan waktu remaja kita dengan mengikuti pendidikan pendidikan yang bermanfaat sesuai impian kita untuk masa depan kita.

Penutup Pidato Pendidikan Karakter Bagi Remaja :
Hadirin yang terhormat,
Demikianlah pidato singkat yang sanggup saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga dengan adanya pidato dan program ini kita ditunjukan kearah yang benar serta sanggup membimbing para tunas bangsa kedalam arah yang benar. Akhir kata saya ucapkan terima kasih dan mohon maaf jikalau ada kesalahan dalam pengucapan kata kata.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

--------------------------------------------------------------------------------------



PENDIDIKAN KARAKTER

Assalamu alaikum warahmatullahi wabarakatu.
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi kita kesehatan dan kesempatan untuk tiba ketempat yang mulia ini, tidak lain untuk menuntut ilmu pengetahuan. Dan tidak lupa pula kita krmkan salam dan salawat atas junjungan Nabiullah Muhammad SAW.

Pada kesempatan ini saya akan membawakan pidato singkat ihwal pentingnya Pendidikan Karakter di negeri kita tercinta.

Karakter bangsa Indonesia merupakan kristalisasi nilai-nilai kehidupan faktual bangsa Indonesia yang merupakan perwujudan dan pengamalan Pancasila. Pada hakekatnya pendidikan Karakter merupakan pendidikan nilai, pendidikan kebijaksanaan pekerti, pendidikan moral, pendidikan tabiat yang bertujuan membuatkan kemampuan seluruh warga sekolah untuk menawarkan keputusan baik-buruk, keteladanan, memelihara apa yang baik & mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati.

Permasalahan budaya dan abjad bangsa kini banyak diperbincangkan. Berbagai duduk kasus yang muncul di masyarakat menyerupai korupsi, kekerasan, kejahatan seksual, perusakan, perkelahian massa, tawuran antarpelajar, turunnya kewibawaan guru di mata penerima didik, pola hidup konsumtif, dan sebagainya menjadi topik pembahasan hangat. Bangsa kita  menghadapi permasalahan menyerupai disorientasi dalam implementasi nilai-nilai Pancasila; bergesernya nilai etika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara; memudarnya kesadaran terhadap nilai-nilai budaya bangsa; bahaya disintegrasi bangsa; melemahnya kemandirian bangsa.

Berbagai alternatif penyelesaian diajukan antara lain dibuatnya peraturan yang berkaitan dengan penguatan kembali budaya dan abjad bangsa
Melalui pendidikan diharapkan sanggup terwujud peningkatan kualitas generasi muda bangsa yang bisa meminimalisasi penyebab banyak sekali permasalahan budaya dan abjad bangsa. Selama ini, pendidikan belum menawarkan bantuan yang berarti dalam pembentukan abjad penerima didik seiring dengan pencapaian kompetensinya. Pendidikan di Sekolah Menengan Atas gres menyentuh pada tingkatan pengenalan norma atau nilai-nilai karakter, belum pada tingkatan internalisasi nilai-nilai abjad dan tindakan faktual dalam kehidupan sehari-hari. Padahal kesuksesan seseorang tidak semata-mata ditentukan oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skill) saja, tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skill).

pendidikan abjad di Sekolah Menengan Atas yaitu aktivitas sekolah; oleh hasilnya harus dilakukan      secara bersama oleh semua warga sekolah, yaitu kepala sekolah sebagai pengelola pendidikan, semua guru melalui pembelajaran dan pengembangan diri, tenaga manajemen dalam melayani/menunjang manajemen pendidikan, dan semua penerima didik sebagai subjek pendidikan, didukung dengan pengkondisian sekolah sehingga menjadi belahan yang tak terpisahkan dari budaya/kultur sekolah

Melalui pendidikan abjad yang dilaksanakan secara berkelanjutan diharapkan semua warga sekolah sanggup memperlihatkan sikap berkarakter dalam kehidupan sehari-hari di manapun mereka berada.
Sekian yang sanggup saya sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semua, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan Wabillahi taufik walhidayah, wassalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

-----------------------------------------------------------------------------------



Tema : pola pidato singkat ihwal pendidikan berkarakter




Asalamu’alaikum wr wb, Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita.

Yang terhormat kepala Sekolah Menengan Atas N 333, yang terhormat wakil kepala Sekolah Menengan Atas N 333, Yang terhormat bapak ibu guru beserta staf tata usaha, dan sahabat temanku yang saya sayangi.

Marilah kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, lantaran limpahan rahmat dan hidayah-Nya, kita sanggup berkumpul di ruangan ini, guna memeringati hari pendidikan nasional.

Pendidikan karakter,

Pendidikan abjad kini ini mutlak di perlukan bukan hanya di sekolah, tetapi di rumah dan likungan sosial. Bahkan penerima pendidikan abjad kini ini bukan hanya anak usia dini hingga remaja tetapi usia dewasa, mutlak diharapkan untuk kelangsungan hidup bangsa ini.

Karakter merupakan nilai-nilai sikap insan yang berafiliasi dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama insan dan lingkungan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan menurut norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya dan adat istiadat.

Pemerintah boleh berganti, raja boleh turun tahta dan presiden boleh berhenti masa jabatannya, namun pendidikan abjad harus terus berjalan. Seperti halnya saya ambil pola sikap siswa yang menyalahi aturan yakni, pertengkaran, merokok, mencuri, membuang sampah, mengeluarkan kata-kata yang kasar, dan lain-lain. Contoh-contoh tersebut menunujukan abjad yang tidak sesuai dengan nilai pancasila. Apakah kita tidak aib bila di sebut bangsa yang tidak bermartabat dan tidak berpendidikan ? Kita seharusnya sanggup memfilter budaya-budaya luar yang tidak sesuai dengan abjad bangsa kita. Jika tidak, maka bangsa kita akan semakin terperosok.

Oleh lantaran itu, mari kita berpintar-pintar melestarikan budaya bangsa kita sendiri yang mempunyai wawasan dan cara berpikir sesuai norma dan katakter bangsa Indonesia.

Demikian yang sanggup saya sampaikan, semoga menjadi manfaat untuk kita semua. Sekian dan terima kasih.

Wasalamualaikum Wr. Wb.
Advertisement

Iklan Sidebar