'/> Cara Dan Teknik Menciptakan Puisi Yang Baik Dan Benar Berdasarkan Kaidah Karya Sastra -->

Info Populer 2022

Cara Dan Teknik Menciptakan Puisi Yang Baik Dan Benar Berdasarkan Kaidah Karya Sastra

Cara Dan Teknik Menciptakan Puisi Yang Baik Dan Benar Berdasarkan Kaidah Karya Sastra
Cara Dan Teknik Menciptakan Puisi Yang Baik Dan Benar Berdasarkan Kaidah Karya Sastra
Cara dan Teknik Membuat Puisi yang Benar Menurut Kaidah Karya Sastra - Kemampuan dalam menulis karya sastra sering dianggap tidak ringan dan sepele dan hanya orang-orang yang mempunyai talenta saja yang sanggup menulisnya. Namun perkiraan tersebut tak sepenuhnya benar, meskipun memang kebanyakan penulis karya sastra menulis karyanya alasannya hobi yang berasal dari bakatnya. Namun orang awam pun bahwasanya sanggup untuk menulis karya sastra menyerupai puisi asalkan ada kemampuan dan kemauan untuk memperlancar dan berfikir kreatif. Dengan begitu maka pola pikir kreatif sanggup dikembangkan dan mengakibatkan seseorang mempunyai talenta dalam menulis karya sastra.

Menulis puisi pun demikian, Puisi ialah salah satu karya sastra yang menuntun penulisnya untuk berfikir kreatif untuk membuat puisi yang indah. Namun meskipun demikian, penulis puisi bahwasanya kadab awal mula menulis niscaya diawali dengan kesalahan-kesalahan yang dianggap masuk akal alasannya masih pemula. Begitu pun dengan teman apabila ingin menulis puisi maka harus diawali dengan kesalahan. Nah untuk mememperringan dan sepelekan teman membuat puisi maka pada pertemuan kali ini admin akan memmemberikankan gosip gres kepada teman perihal cara membuat puisi berdasarkan kaidah karya sastra. Simak penjelasannya memberikankut ini.

Cara Membuat Puisi yang Baik dan Benar

Ada empat tahap proses kreatif dalam penulisan puisi. Keempat tahap tersebut antara lain adalah.

1. Tahap Persiapan atau Usaha

Dalam tahap persiapan atau perjuangan bertujuan untuk mengumpulkan gosip dan pengalaman mengenai suatu problem yang ada. Apapun yang terdapat pada insan dan disekeliling insan sanggup dijadikan sebagai sumber untuk wangsit menulis puisi. Semua problem tersebut sanggup dilakukan dengan cara mengamati hal-hal yang ada disekeliling.

2. Tahap Inkubasi atau pengendapan

Informasi dan pengalaman yang telah dimiliki biasanya perlu pengendapan, diinkubasi dalam alam prasadar. Pada tahapan ini seseorang akan melaksanakan peduli pada pengalaman yang didapatnya.

3. Tahap Iluminasi

Tahap iluminasi ialah tahapan untuk mencoba mengekspresikan problem yang ada kedalam puisi. Pada tahap ini dibutuhkan kemampuan berbahasa alasannya bahasa merupakan media dalam berekspresi. Maka dari itu semakin anda memperlancar untuk menulis puisi maka anda pun akan semakin terampil mengekspresikannya dalam bahasa yang mengandung unsur keindahan atau estadab.

4. Tahap Verifikasi

Pada tahap ini penulis puisi akan mepenilaian puisi karyanya secara kritis. Hal ini bertujuan untuk menemukan keabsurdan yang ada. Dengan demikian maka penulis akan memodifikasi, merevisi, menambah bahasa, ataupun mengurangi dan menghilangkan penggunaan bahasa yang tak perlu berdasarkan intuisi. Tujuan final dari tahap ini ialah untuk menghasilkan karya sastra yang siap dan memperringan dan sepele untuk dikomunikasikan.

Tahapan-tahapan diatas tentunya cenderung bersifat teoritis. Namun dalam pengaplikasiannya, seorang penulis puisi sanggup menulis dengan aneka macam cara dan teknik dan bahkan tak jarang penulis yang membuat caranya sendiri dalam menghasilkan puisinya. Misalnya saja anda ingin menulis puisi dengan diawali kata "aku ingin". Simak referensi puisi dibawah ini yang diawali dengan kata saya ingin.

Aku ingin menatap ludang keringh usang matahari
Namun apa daya yang kuasa tak mengijinkan
Matahari lapang dada menerangi semesta alam
Tanpa imbalan bahkan tak ingin dipandang
Begitu dengan aku, 
Begitu dengan aku,
Ingin hidup layaknya matahari,
Meski ada namun tak berada

Pada dasarnya cara-cara tersebut hanyalah bersifat untuk mempermemperringan dan sepele anda tiruana untuk menulis puisi. Namun cara tersebut bukan cara yang sanggup diterapkan oleh setiap orang alasannya setiap penulis niscaya mempunyai caranya sendiri. Nah untuk menjadi penulis yang andal maka anda harus terus berlati dan jangan menyerah.

Semoga artikel tentang Cara dan Teknik Membuat Puisi yang Baik dan Benar Menurut Kaidah Karya Sastra dapat membantu teman yang sedang ketidak ringan dan sepelean untuk membuat puisi. Sampai jumpa dan semoga sukses menjadi penulis puisi dikenal dan banyak digunakan!
Advertisement

Iklan Sidebar