'/> Aturan Sistematika Penulisan Makalah Dan Karya Ilmiah Yang Benar -->

Info Populer 2022

Aturan Sistematika Penulisan Makalah Dan Karya Ilmiah Yang Benar

Aturan Sistematika Penulisan Makalah Dan Karya Ilmiah Yang Benar
Aturan Sistematika Penulisan Makalah Dan Karya Ilmiah Yang Benar
Aturan Sistematika Penulisan Makalah dan Karya Ilmiah yang Benar Aturan Sistematika Penulisan Makalah dan Karya Ilmiah yang Benar

Sistematika Penulisan Makalah dan Karya Ilmiah - Saat ini banyak anak sekolah bahkan mahasiswa pun yang masih kudang keringngungan perihal cara penulisan makalah. Baik itu dari format penulisannya sampai sistematika penulisannya. Sebenarnya dalam penulisan makalah atau karya tulis ilmiah tatacara penulisannya berbeda antara satu sekolah dengan sekolah yang lain atau satu universitas dengan universitas yang lain. Namun pada pertemuan kali ini admin akan memdiberikan pola dan cara penulisan makalah secara umumnya yang banyak dipakai orang.

Sebelum kita memasuki ke sistematika penulisannya alangkah baiknya kalau sahabat mengetahui terludang keringh lampau perihal format atau seting dalam penulisan makalah maupun karya ilmiah. Oke mari lihat klarifikasi di bawah ini.

Format Penulisan / Aturan Penulisan

Dalam penulisan makalah terdapat beberapa hal yang harus diadaptasi dengan cara penulisan yang benar semoga makalah sanggup terlihat menarik dan simpel dipahami. Adapun hal-hal tersebut antara lain:

1.   Huruf
Pada umumnya karakter yang dipakai dalam penulisan makalah yakni Times New Roman dengan ukuran karakter 12 pt. Sedangkan untuk kepingan ukurannya cover sanggup diadaptasi yang terpenting sanggup dilihat menarik dan tak terdapat kerancuan di dalamnya.

2.   Spasi
Ukuran Spasi yang dipakai umumnya pada makalah yakni 1.5 spasi namun ada pada karya tulis ilmiah menyerupai skripsi biasanya memakai 2 spasi.

3.   Paragraf
Umumnya pengaturan paragraf yang dipakai pada makalah maupun karya tulis ilmiah yakni rata kanan-kiri. Hal ini bertujuan semoga goresan pena terlihat ludang keringh rapi ketidak seimbang memakai rata kiri.

4.   Nomor halaman
Nomor halaman bahwasanya tak ada hukum khusus yang menjelaskan penempatan nomor halaman pada makalah atau karya tulis ilmiah. Namun pada umumnya nomor halaman diletakan pada kepingan bawah sebelah kanan halaman.

5.   Margin
Margin yakni jarak antara batas kertas dengan awal penulisan. Margin yang dipakai pada makalah maupun karya tulis ilmiah antara lain:

Untuk halaman pembuka kepingan menyerupai halaman Kata Pengantar, Daftar Isi, Bab I, Bab II, Bab III dan seterusnya memakai margin:
top: 5 cm
right: 3 cm
bottom: 3 cm
Left: 4 cm.

Perlu diingat pengunaan margin tersebut hanya dipakai pada 1 halaman saja yakni pada halaman yang telah disebutkan diatas. Untuk margin pada halaman biasa (bukan pembuka Bab) memakai margin:
top: 3 cm
right: 3 cm
bottom: 3 cm
Left: 4 cm.

Penggunaan margin bertujuan untuk menciptakan halaman terlihat ludang keringh rapi dan lezat dilihat. Oleh sebab itu sahabat harus benar-benar memahami perihal pengaturan margin ini. Jika sahabat  telah memahaminya mari kita lanjutkan klarifikasi diberikutnya perihal sistematika penulisan makalah.

Sistematika Penulisan Makalah dan Karya Tulis Ilmiah

HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
HALAMAN KATA PENGANTAR
HALAMAN DAFTAR ISI
HALAMAN DAFTAR GAMBAR/GRAFIK 

BAB I     : PENDAHULUAN
1.1.    LATAR BELAKANG
Latar belakang umumnya berupa hal-hal yang melatar belakangi dalam Karya Tulis tersebut.

1.2.    TUJUAN
Tujuan diberisi perihal maksud atau tujuan dari karya tulis tersebut.

1.3.    Permasalahan
Permasalah diberisi perihal persoalan yang akan dibahas pada karya tulis tersebut

BAB II            : TINJAUAN PUSTAKA
Tinjauan pustaka diberisi perihal peninjauan dari poin-poin penting yang menjadi topik permasalah pada karya tulis tersebut. Tinjauan pustaka berguna untuk mereview masalah-masalah yang berkaitan dengan topik permasalahan.

BAB III          : PEMBAHASAN    
Pembahasan diberisi perihal data-data hasil penelitian yang diperoleh dari hasil kuisioner maupun data tertulis yang diambil dari instansi-instansi terkait. 

BAB IV          : PENUTUP
4.1.    KESIMPULAN
Kesimpulan diberisi perihal rangkuman atau poin terpenting dari hasil pembahasan pada makalah atau karya tulis.

4.2.    SARAN 
Saran diberisi perihal undangan penulis kepada pembaca antara lain untuk mekompliti hasil penelitiannya dan juga memperbaiki kalau ditemukan kesalahan dengan cara memdiberitahukan kepada penulis semoga penulis memperbaikinya.

DAFTAR PUSTAKA
Daftar pustaka diberisi perihal tiruana sumber-sumber dari data yang terdapat pada karya tulis baik itu fakta maupun opini yang terang daftar pustaka yakni tiruana sumber dari kutipan yang ada di karya tulis atau makalah tersebut. Penulisan daftar pustaka haruslah mengikuti kaidah penulisan yang benar yang sudah pernah kita bahas sebelumnya.

LAMPIRAN
Lampiran diberisi data-data hasil pengolahan data baik berupa tabel, grafik, gambar dan sebagainya. Lampiran juga sanggup diisi dengan gambar atau foto kegiatan penulis dalam menuntaskan makalah atau karya tulis tersebut.


Nah itulah sahabat artikel tentang Aturan Sistematika Penulisan Makalah dan Karya Ilmiah yang Benar dan telah kita bahas secara terperinci diatas. Semoga sanggup mempunyai kegunaan dan terimakasih telah membaca.
Advertisement

Iklan Sidebar