'/> 3 Rujukan Karangan Eksposisi Perihal Kesehatan Dan Lingkungan Terbaru -->

Info Populer 2022

3 Rujukan Karangan Eksposisi Perihal Kesehatan Dan Lingkungan Terbaru

3 Rujukan Karangan Eksposisi Perihal Kesehatan Dan Lingkungan Terbaru
3 Rujukan Karangan Eksposisi Perihal Kesehatan Dan Lingkungan Terbaru
 Contoh Karangan Eksposisi Tentang Kesehatan dan Lingkungan Terbaru 3 Contoh Karangan Eksposisi Tentang Kesehatan dan Lingkungan Terbaru
Contoh karangan eksposisi terbaik

3 Contoh Karangan Eksposisi Tentang Lingkungan - Pada pertemuan sebelumnya admin telah membahas perihal pengertian dan teladan paragraf eksposisi. Untuk perjumpaan kali ini admin akan memdiberikan teladan karangan eksposisi terbaik perihal Lingkungan. Mari kita simak tolong-menolong di bawah ini.

Contoh Karangan Eksposisi 1

Judul:   Lingkungan yang membersihkan untuk badan yang sehat

Lingkungan merupakan hal yang sangat penting yang harus kita perhatikan bersama-sama. Menjaga lingkungan berarti sama saja kita menjaga kesehatan kita. Dalam menjaga lingkungan sangat dibutuhkan partisipasi dari seluruh masyarakat. Bukan untuk kepentingan langsung namun menjaga lingkungan berarti menjaga kesehatan tiruana orang. Ada banyak penyakit yang timbul akhir lingkungan yang terkotori antara lain timbulnya penyakit gangguan pernapasan akhir asap kendaraan bermotor, penyakit yang ditimbulkan dari gigitan nyamuk menyerupai malaria, demam berdarah, cikungunya dan sebagainya, gangguan pencernaan akhir kuliner yang tidak steril, penyakit kulit, sampai aneka macam jenis penyakit biasa dan berbahaya lainnya. Maka dari itu diharapkan penanganan yang serius biar hal tersebut sanggup dihindari.

Kendaraan baik itu mobil, motor dan jenis kendaraan bermotor lainnya merupakan salah satu dari beberapa hal yang berkontribusi besar dalam mencemari udara. Lihat dikota-kota besar menyerupai di Jakarta yang mempunyai puluhan ribu, ratusan ribu sampai jutaan kendaraan yang melintas setiap harinya dan terperinci membuat udara yang dihirup bukanlah udara segar lagi melainkan asap kendaraan yang sangat berbahaya bagi manusia. Oleh sebab itu dibutuhkan kesadaran masyarakat dalam mengatasi permasalahan ini. Bentuk kesadaran yang dimaksud ialah mengurangi penggunaan kendaraan dan berganti memakai angkutan umum yang telah banyak disediakan oleh pemerintah. Dengan begitu lambat laun pencemaran udara akan berkurang meski hasilnya tak selalu instan dan dibutuhkan proses di dalamnya. Pembangunan taman yang difungsikan sebagai paru-paru kota juga sanggup mengurangi akhir pencemaran udara. Hal ini terperinci membutuhkan partisipasi yang besar masyarakat maupun pemerintah dan pihak-pihak terkait.

Bukan hanya itu saja, ancaman penyakit yang ditimbulkan lingkungan juga tiba dari serangga menyerupai nyamuk. Bagaimana tidak, nyamuk bertelur di air yang nantinya akan bermetamorfosis larva dan pada akhirnya akan menjadi nyamuk. Sudah sangat banyak insan yang terenggut nyawanya akhir gigitan nyamuk. Dari penyakit malaria, demam berdarah, cikungunya dan masih banyak lagi penyakit yang ditimbulkan nyamuk. Hal ini terperinci kecerobohan dari insan yang tidak mau menjaga lingkungannya dengan menyediakan daerah bagi nyamuk untuk berkembang biak. Permasalahan ini perlu ditangani dengan sungguh-sungguh biar nantinya tak ada korban selanjutnya lagi. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan antara lain mengganti atau menguras kolam penampungan air setiap seminggu sekali, menutup bak, baskom atau jenis penampungan air lainnya dengan rapat biar nyamuk tidak sanggup masuk, jangan biarkan ada air yang tergenang, memakai lotion anti nyamuk, dan apabila sudah ada tanda-tanda tergigit nyamuk berbahaya di atas maka segera bawa kerumah sakit atau klinik terdekat.

Ancaman penyakit yang ditimbulkan oleh lingkungan selanjutnya ialah gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan yang dimaksud bisa berupa diare, nanah susukan pencernaan dan jenis lainnya. Hal ini banyak diakibatkan oleh kuman yang secara tidak disadari melekat pada makanan, materi makanan, tidak mencuci tangan sebelum makan, penumpukan sampah di lingkungan dan lain sebagainya. Penanganannya utamanya bisa dilakukan dengan menjaga kemembersihkanan lingkungan. Jangan menumpuk sampah terlalu lama, wajibkan basuh tangan sebelum makan pada seluruh anggota keluarga serta tidak sembrono makan di sembarang tempat. Hal ini memang permasalahan yang cukup kompleks apabila melihat kehidupan masyarakat Indonesia ketika ini yang masih berada pada tingkat kemiskinan yang tinggi. Namun kalau ada kemauan niscaya tiruana bisa dilakukan dengan gampang.

Ancaman penyakit terakhir yang ditimbulkan lingkungan ialah penyakit kulit serta penyakit berbahaya lainnya. Sebetulnya hal ini tidak jauh berbeda dengan paragraf sebelumnya yang menjelaskan perihal penyakit kulit. Kemembersihkanan memang faktor utama dalam menjaga kesehatan baik itu kemembersihkanan lingkungan ataupun kemembersihkanan tubuh. Tubuh yang tidak membersihkan akan menjadikan banyak hal menyerupai gangguan pada kulit menyerupai gatal-gatal sampai yang paling berbahaya ialah kanker kulit. Tubuh insan memang mempunyai antibodi yang tangguh dan sanggup melawan jenis basil apapun. Namun kalau badan kita terjangkit penyakit, kuman, basil secara terus menerus maka akan melemahkan antibodi yang ada pada badan insan dan pada akhirnya lambat laun akan terjangkit penyakit. Maka dari itu menjaga kemembersihkanan badan sangat penting sekali demi menjaga badan biar tetap sehat.

Contoh Karangan Eksposisi 2

Judul:   Tanaman Obat Keluarga

Tanaman obat keluarga merupakan salah satu bentuk kepedulian kepada lingkungan dan juga besar lengan berkuasa besar pada kesehatan. Tanaman obat keluarga ialah tanaman obat yang ditanam pada sudang kecepedang tanah, kebun, halaman yang pada hakekatnya sanggup manfaatkan untuk kebutuhan keluarga maupun masyarakat lingkungan. TOGA singatan dari tanaman obat keluarga sudah semenjak usang dilakukan oleh insan sampai turun menurun kepada kita tiruana ketika ini. Namun mirisnya banyak sekali orang yang mempunyai lahan luas namun membiarkannya begitu saja tanpa di tanami apapun. TOGA selain sanggup dipakai sebagai obat juga sanggup memicu timbulnya perjuangan kecil menengah sebab intinya tanaman obat banyak yang diperjual belikan sebagai jamu tradisional. Lalu apa risikonya bagi lingkungan? serta apa laba menanam tanaman obat?

Tanaman obat mempunyai akhir yang konkret terhadap lingkungan antara lain sanggup merangsang orang terdekat baik itu tetangga, saudara untuk menanam tanaman obat di halamannya, sebagai penanganan pertama knorma dan sopan santun ada keluarga yang sakit, sebagai sumber pemasukan tambahan, meminimalkan daerah yang sanggup berpotensi terdapat sampah dan aneka macam manfaat lainnya. Itu tiruana hanya akan terwujud dengan kemauan yang keras dari masing-masing anggota keluarga sehingga sanggup menyebar ke lingkungannya.

Saat ini banyak kegiatan untuk keluarga yang telah diupayakan oleh pemerintah antaranya ialah kegiatan "Pemanfaatan Lahan Pekarangan". Dalam kegiatan tersebut pemerintah menggandeng instansi terkait serta organisasi-organisasi dan juga mahasiswa. Organisasi menyerupai PKK ketika ini yang anggotanya merupakan ibu-ibu juga sedang gencar-gencarnya mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan pekarangannya baik itu yang luas maupun sempit yang terpenting ada kemauan. Salah satu tanaman unggulannya ialah tanaman obat yang memang sangat dibutuhkan masyarakat. Maka dari itu bahwasanya sudah banyak kegampangan-kegampangan yang didiberikan untuk masyarakat demi mencapai masyarakat yang sehat dan sejahtera.

Contoh Karangan Eksposisi 3

Judul:   Bersama wujudkan lingkungan yang asri

Banyak sekali hal yang sanggup dilakukan untuk mewujudkan lingkungan yang membersihkan dan asri. Jika lingkungan membersihkan maka akan terlihat asri kalau keduanya sudah terwujud maka lingkungan yang sehat dengan sendirinnya juga terwujud. Memang tidak simpel menempuh hal tersebut sebab dibutuhkan kemauan dari tiruana anggota masyarakat. Ada aneka macam bentuk kegiatan untuk mencapai lingkungan yang membersihkan dan asri antara lain ialah dengan mengadakan gotong royong, kerja bakti dan bentuk kegiatan lain menyerupai menanam pohon masal atau yang sejenisnya. Semuanya tergantung dari seberapa besar kemauan yang ada dalam masyarakat itu sendiri. Namun biasanya dibutuhkan kordinator yang mau bertanggung balasan dan mengatur kegiatan-kegiatan tersebut.

Gotong royong dan kerja bakti intinya merupakan bentuk kegiatan yang sudah sangat usang ada dan sangat lekat dengan bangsa Indonesia yang mempunyai prinsip gotong royong. Bentuk dari kegiatan gotong royong sanggup berupa pembuatan kolam penampungan sampah ataupun WC umum dan sebagainya. Sedangkan untuk kerja bakti merupakan kegiatan membersihkan-membersihkan lingkungan yang dilakukan oleh seluruh anggota masyarakat tanpa terkecuali. Kerja bakti sanggup dibentuk terpola contohnya satu bulan sekali atau 2 bulan sekali tergantung dari komitmen bersama. Kerja bakti sangat dampak dan imbastif untuk membuat lingkungan yang membersihkan sebab prinsip gotong royong itu sendiri. Selain itu gotong royong dan kerja bakti juga bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antar masyarakat lingkungan.

Prinsip gotong royong juga sanggup diterapkan dalam bentuk kegiatan yang memprioritaskan kemembersihkanan dan keasrian lingkungan menyerupai penanaman pohon masal, pembuatan toilet umum, serta kegiatan lainnya. Penanaman pohon ketika ini sedang gencar dilakukan dalam rangka melaksanakan penghijauan kembali sebab hutan yang tersisa sudah tidak menyerupai 20 tahun lalu. Selain itu pembuatan toilet umum juga berkhasiat sangat besar bagi masyarakat sebab knorma dan sopan santun demam isu kemarau biasanya masyarakat kekurangan air sehingga kesusahan untuk melaksanakan mandi, basuh dan kakus. Oleh sebab itu dengan adanya toilet umum yang dikompliti dengan pompa air sanggup memdiberikan kenyamanan pada masyarakat setempat. Jika terdapat kesusahan modal maka pemerintah sanggup membantu dengan mengajukan tawaran yang diajukan secara sistematis ke dinas terkait.


Baru saja kita simak artikel tentang Contoh Karangan Eksposisi Tentang Kesehatan dan Lingkungan. Jika anda belum mengerti perihal paragraf eksposisi maka sanggup membacanya juga. Sampai jumpa dan salam sukses selalu.
Advertisement

Iklan Sidebar