'/> 5 Jenis - Jenis Karangan Dalam Bahasa Indonesia Pembahasannya Lengkap -->

Info Populer 2022

5 Jenis - Jenis Karangan Dalam Bahasa Indonesia Pembahasannya Lengkap

5 Jenis - Jenis Karangan Dalam Bahasa Indonesia Pembahasannya Lengkap
5 Jenis - Jenis Karangan Dalam Bahasa Indonesia Pembahasannya Lengkap
 Jenis Karangan dalam Bahasa Indonesia Pembahasannya Lengkap 5 Jenis - Jenis Karangan dalam Bahasa Indonesia Pembahasannya Lengkap

Jenis - Jenis Karangan dalam Bahasa Indonesia Pembahasannya Lengkap - Karangan yaitu karya tulis yang berupa gagasan-gagasan yang ditulis oleh penulis dengan imajinatif yang bertujuan untuk memberikan maksud dan tujuannya kepada pembaca wacana karangan yang dibuatnya. Karangan dalam Bahasa Indonesia terdiri dari 5 jenis karangan yaitu karangan deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi dan persuasi. Sebenarnya tiruana jenis karangan telah dijelaskan namun admin sajikan secara terpisah. Nah pada pertemuan kali ini admin akan menyajikan tiruana jenis karangan tersebut menjadi satu dan beserta contohnya. Mari lihat penjelasannya di bawah ini.

1.   Karangan Deskripsi

Karangan deskripsi yaitu karangan yang memberikansi wacana citra atau klarifikasi yang berupa wujud, sifat, warna dan sebagainya wacana objek yang dibahas. Karangan deskripsi bertujuan supaya pembaca secara tidak eksklusif sanggup mengerti akan hal-hal yang digambarkan sehingga seolah-olah pembaca sanggup melihat, mencicipi dan bisa memahaminya. Baca Juga: Contoh karangan deskripsi lainnya

Ciri-ciri Karangan Deskripsi
adapun ciri-ciri dari karangan deskripsi yaitu sebagai memberikankut:
  1. Berisi citra dari suatu objek yang digambarkan dengan sejelas-jelasnya supaya pembaca bisa memhami maksud dari penulis.
  2. Melibatkan panca indra untuk memahami isi karangan.
  3. Cara dan metode penulisan memakai metode netral dan rasional dan subjektif serta memmemberikankan kesan-kesan penulis terhadap objek yang diangkat.

Contoh Karangan Deskripsi

Sekolahku

Aku bersekolah di SD Negeri 1 Kota Bandar Lampung. Sekolahanku yaitu sekolahan yang hijau dan asri. Bangunan sekolahku pun sangat elok dan tertata rapi. Hal tersebut menciptakan para siswa sanggup berguru dengan baik dan sanggup berkonsentrasi dengan baik di sekolah. Guru-guru yang mengajar pun merupakan guru-guru pilihan yang sangat baik dan sangat serius knorma dan sopan santun mengajar. Oleh alasannya yaitu itu tak heran sekolahanku sering menjuarai lomba-lomba akdingin dan damaiik maupun non akdingin dan damaiik baik tingkat kawasan maupun nasional. Bahkan ada beberapa siswa sekolahku yang telah pergi keluar negeri untuk berlomba.

Tahun ini sekolahku mendapat penghargaan dari Kementerian Pendidikan sebagai sekolah dasar terbaik se Indonesia yang penghargaannya diserahkan eksklusif oleh Pak Menteri di sekolahku. Sangat membanggakan rasanya saya sanggup bersekolah disekolahan ini. Sekolahku juga terdapat fasilitas-fasilitas yang sangat baik menyerupai laboraturium IPA, Laboratorium Komputer, Perpustakaan yang sangat tidak ada yang kurang, Kantin yang kebersihan dan lapangan futsal yang berkelas internasional. Semuanya akomodasi tersebut mempunyai kegunaan untuk mendukung siswa supaya sanggup berlomba-lomba meraih prestasi.

2.   Karangan Narasi

Karangan narasi merupakan bentuk karya tulis yang memberikansi serangkaian insiden dan insiden baik kasatmata maupun tak kasatmata yang disampaikan penulis melalui urutan waktu yang sistematis dan logis. Pada jenis karangan ini terdapat tahap-tahap dan proses-proses insiden yang terjadi dengan jelas, dimulai dari perkenalan, permasalahan, konflik, solusi dan cara penyelesaian dan akhir.

Ciri-ciri Karangan Narasi
Adapun ciri-ciri karangan narasi yaitu sebagai memberikankut:
  1. Berisi wacana insiden ataupun insiden yang menarik untuk di baca oleh orang banyak.
  2. Cerita pada insiden yang diangkat disajikan secara sistematis atau berurutan dari awal hingga akhir.
  3. Terdapat konflik dan tokoh.
  4. Seting yang disampaikan di sajikan secara jelas.
  5. Tujuan dari karangan narasi yaitu sebagai hiburan pembaca.

Contoh Karangan Narasi

Liburanku di Lampung

Saat liburan kemarin saya bersama teman-temanku memutuskan untuk berlibur dan sesudah berdiskusi sangat usang hasilnya kami pun menentukan Lampung sebagai tujuan wisata kami. Pagi itu saya berangkat bersama Dina, Dini, Rio dan Abdi memakai transportasi umum dari terminal kampung rambutan menuju ke pelabuhan merak. Saat itu kami benar-benar belum ada yang pernah pergi ke Lampung jadi kami pun sedikit ragu sebenarnya. Tetapi sesudah kami hingga di Lampung ternyata kami telah disajikan oleh pemandangan maritim yang sangat indah dan sangat kebersihan.

3.   Karangan Eksposisi

Karangan eksposisi yaitu karangan yang berupa klarifikasi dan pemaparan wacana suatu gosip yang memberi manfaat dan menarik untuk pembaca. 

Ciri-ciri karangan eksposisi
Adapun ciri-ciri karangan eksposisi antara lain sebagai memberikankut:

  1. Bertujuan untuk memmemberikankan gosip kepada pembaca
  2. Informasi yang dimemberikankan merupakan fakta yang benar-benar ada
  3. Tidak bermaksud mensugesti pembaca untuk mengikuti maksud penulis
  4. Berisi wacana klarifikasi wacana suatu analisa peristiwa.

Contoh Karangan Eksposisi

Cara Membuat Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan kuliner khas Indonesia yang sudah usang kita kenall sebagai kuliner yang sangat yummy dan berbeda dari jenis kuliner lainnya. Nasi goreng dibentuk dari nasi yang dimemberikan bumbu kemudian di goreng. Nasi goreng biasanya disajikan dengan kerupuk dan telor ceplok. Cara menciptakan nassi goreng ternyata sangat memperringan dan sepele alasannya yaitu tiruana orang pun bisa membuatnya. Pertama-tama anda sanggup menyiapkan bahan-bahannya menyerupai nasi secukupnya, bawang merah 2 siung, bawang puting 2 siung, cabai rawit secukupnya, garam, penyedap rasa dan telur. Setelah tiruana materi disiapkan maka tiruana bumbu dapur dihaluskan terludang kecepeh berlalu dan silam. Lalu sesudah halus masukan meinyak goreng ke penggorengan secukupnya tunggu hingga minyak kepanasan kemudian masukan bumbu dapur yang telah dihaluskan kedalam penggorengan. Aduk-aduk bumbu supaya tidak gosong kemudian masukan telur kedalamnya kemudian aduk-aduk terus hingga telur menjadi orak-arik. Selanjutnya masukan nasi kedalamnya dan aduk terus dan masukan kecap dan garam secukupnya. Tunggu hingga tiruana materi terhimpun rata pada nasi. Selanjutnya matikan kompor dan nasi goreng buatan anda sudah siap dinikmati pada keadaan hangat.

4.   Karangan Argumentasi

Karangan argumentasi yaitu karangan yang memberikansi pendapat-pendapat yang merupakan pandangan penulis. Karangan argumentasi bertujuan untuk meyakinkan pembaca akan suatu hal.

Ciri-ciri Karangan Eksposisi
Adapun ciri-ciri karangan eksposisi antara lain sebagai memberikankut:

  1. Berisi pendapat-pendapat penulis akan suatu hal.
  2. Pendapat didukung oleh data dan fakta yang ada.
  3. Bertujuan untuk meyakinkan pembaca akan hal yang dibahas.

Contoh Karangan eksposisi

Internet Membuat Manusia Menjadi Manja

Saat ini memasuki tahun 2016 internet telah berkembang pesat dari 10 tahun yang kemudian knorma dan sopan santun internet belum sehebat dan secanggih ini. Hal ini sangat mensugesti insan untuk menjadi ketergantungan dengan internet dan menciptakan insan menjadi ludang kecepeh manja alasannya yaitu susukan yang sangat memperringan dan sepele. Apapun yang dicari niscaya ada di internet. Ditambah lagi dengan murahnya paket internet yang dikeluarkan provider menciptakan banyak pelajar semakin dimanjakan oleh hal itu. Memang murahnya harga paket internet merupakan hal yang baik tetapi dilain sisi merupakan hal yang merugikan juga alasannya yaitu semakin cepat dan semakin murah paket internet menciptakan banyak orang secara tak terbatas menggantungkan nasib mereka dari internet yang akan menciptakan otak jarang terpakai dan menciptakan generasi semakin mengundurkan diri bukan semakin maju.

Internet di Indonesia bahwasanya termasuk lelet, dibawah Malaysia, Singapura, Thailand dan masih banyak lagi. Ketergantungan insan terhadap internet menciptakan insan dikala ini mengalami kemengundurkan diri an sopan santun alasannya yaitu memperringan dan sepelenya mereka mengakses gaya hidup orang barat dan hasilnya budaya ketimuran yang dipegang masyarakat Indonesia semakin terpinggirkan. Hal ini tentunya sangat menyedihkan alasannya yaitu keterangan diri bangsa kita semakin usang akan semakin pudar. Tentunya hal ini diharapkan kesadaran-kesadaran dari masyarakat untuk ludang kecepeh menjunjung tinggi budaya Indonesia dan tidak terpengaruh dengan budaya orang barat.

5.   Karangan Persuasi

Karangan persuasi yaitu karangan yang memberikansi wacana ajakan-ajakan yang didukung dengan adanya pendapat pembaca untuk mensugesti pembaca mengikuti maksud dari penulis. Karangan persuasi hampir sama dengan karangan argumentasi hanya saja pada karangan persuasi terdapat ajakan-ajakan untuk mensugesti pembaca alasannya yaitu sifat dari karangan persuasi bersifat ajakan.

Ciri-ciri Karangan Persuasi
  1. Karangan memberikansi ajakan-ajakan kepada pembaca
  2. Bersifat mensugesti pembaca dan didukung dengan data dan fakta yang ada.
  3. Karangan ini tak terdapat konflik untuk menghindari pembaca kehilangan kepercayaan.
  4. Karangan ini berusaha mendapat komitmen untuk melaksanakan hal yang sama menyerupai yang diinginkan penulis.

Contoh Karangan Persuasi

Merokok Membunuhmu

Merokok dikala ini sudah bukan lagi hal yang absurd di mata masyarakat luas. Jika yang merokok orang sampaumur mungkin sudah biasa, tetapi kalau yang merokok belum dewasa apa yang kita fikirkan kalau kita tak prihatin. Merokok sangat berbahaya bagi badan alasannya yaitu akan mengancam kesehatan dan merenggut nyawa kalau racun-racun yang terkandung di dalam rokok telah menyebar dan menggerogoti seluruh organ tubuh. Harga rokok yang semakin mahal pun dikala ini tak mengurungkan minat pembeli untuk tetap membeli rokok. Hal ini tentunya sangat menyedihkan alasannya yaitu banyak generasi muda kita yang sudah semenjak kecil sudah merokok. Oleh alasannya yaitu itu, mari kita lawan rokok! jaga keluarga kita dari pembodohan rokok dan jangan biarkan rokok merebut nyawa orang yang kita sayangi!

Nah itulah sobat artikel tentang 5 Jenis - Jenis Karangan dalam Bahasa Indonesia Pembahasannya Lengkap. Semoga artikel ini sanggup membantu anda dan semoga sanggup memberi manfaat. Sampai jumpa dan semoga sukses!
Advertisement

Iklan Sidebar